Senin 05 Juli 2021, 15:12 WIB

Imigrasi : 20 TKA Tiongkok Masuk Ke RI Sebelum PPKM Darurat

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Imigrasi : 20 TKA Tiongkok Masuk Ke RI Sebelum PPKM Darurat

Dok. Satgas Covid-19 Bantaeng
TKA asal Tiongkok di Bantaeng Menunggu Hasil Swab PCR

 

DIREKTORAT Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM mengungkapkan, kedatangan 20 tenaga kerja asing (TKA) asal Tiongkok yang masuk ke Indonesia sebelum pemberlakuan aturan PPKM darurat Jawa-Bali.

Kabag Humas dan Umum Ditjen Imigrasi Arya Pradhana Anggakara mengatakan, TKA tersebut mendarat di Bandara International Makassar, Sulawesi Selatan, dengan pesawat Citilink QG-426 pada Sabtu (3/7) pukul 20.25 WITA. Sementara, secara aturan PPKM darurat mengenai pembatasan perjalanan mulai berlaku pada Senin (5/7).

"Saat ini, pemerintah masih memberlakukan pelarangan orang asing masuk ke Wilayah Indonesia untuk mencegah lonjakan persebaran covid-19," kata Arya dalam keterangannya, Senin (5/7).

Aturan pelarangan ini, lanjut Arya, mengacu kepada Peraturan Menkumham Nomor 26 Tahun 2020 tentang visa dan izin tinggal pada masa adaptasi kebiasaan baru.

Baca juga: PPKM Darurat, PMT/TTIC Kementan Gencarkan Distribusi Pangan Online 

Namun, aturan ini dikatakan mengecualikan masuknya orang asing untuk tujuan esensial seperti bekerja di Proyek Strategis Nasional (PSN) seperti 20 TKA Tiongkok itu. Lalu pengeculian karena penyatuan keluarga, dan alasan kemanusiaan.

20 TKA tersebut, lanjut Arya, merupakan calon tenaga kerja asing yang akan bekerja dalam rangka uji coba kemampuan dalam bekerja di Proyek Strategis Nasional PT Huady Nickel-Alloy Kabupaten Bantaeng Sulawesi Selatan.

"Selain memenuhi persyaratan keimigrasian, orang asing yang masuk Indonesia harus lolos pemeriksaan kesehatan oleh tim Kemenkes sesuai protokol kedatangan orang dari luar negeri," tandas Arya. (OL-4)

Baca Juga

Antara/Irwansyah Putra.

Saudi Pengekspor Kurma Terbesar Sedunia pada 2021

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 20:52 WIB
Jumlah pohon palem mencapai 33 juta. Ini mewakili 27% dari total jumlah pohon palem di...
Dok Kementerian Koperasi dan UKM.

Kolaborasi Kunci Keberhasilan Transformasi Digital UMKM

👤Widhoroso 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 19:15 WIB
MENTERI Koperasi dan UKM Teten Masduki menyatakan kolaborasi antarpemangku kepentingan menjadi kunci keberhasilan transformasi digital...
dok.KNPI

DPP KNPI: Kinerja Pembantu Jokowi Bidang Perekonomian Perlu Perbaikan

👤Selamat Saragih 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 17:50 WIB
KINERJA pemerintahan bidang perekonomian mendapat sorotan publik karena kinerja yang buruk. Karena itu, Jokowi harus mengambil langkah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya