Selasa 22 Juni 2021, 23:08 WIB

Luhut: Pemerintah Genjot Pembangunan Ibu Kota Maluku Utara

Insi Nantika | Ekonomi
Luhut: Pemerintah Genjot Pembangunan Ibu Kota Maluku Utara

Antara
Luhut Binsàr Padjaitan

 

MENTERI Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (Menko Luhut) mengungkapkan, pembangunan infrastruktur Ibu kota Sofifi, Maluku Utara, masuk dalam proyek prioritas strategis pemerintah.

Meski sudah ditetapkan sebagai ibu kota sejak 1999, Sofifi masih menghadapi permasalahan karena tidak adanya kepastian administrasi pemerintahan dan tidak lengkapnya sarana dan prasarana sebagai ibu kota.

"Kami membahas tentang pengembangan Kota Baru Sofifi sebagai major project amanat dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024," kata Luhut dalam keterangannya saat mengunjungi Sofifi,  Selasa (22/6).

Luhut menegaskan, selama setahun ini pemerintah akan membangun infrastruktur pendukung di Sofifi, baik kantor, rumah, sekolah, dan fasilitas lainnya.

"Apabila sudah berjalan dengan baik, setelah itu baru kita tentukan wilayah ini akan memiliki istilah otonomi khusus atau ibu kota saja," tegasnya.

Sofifi ditargetkan pemerinrah mampu berperan sebagai pusat kegiatan skala provinsi, baik untuk kawasan perkantoran, kawasan komersil skala kota, dan kota jasa.

Selain itu, Sofifi juga diharapkan dapat menjadi simpul transportasi regional dengan moda dan jaringan smart infrastructure_ yang terpadu, termasuk sebagai pintu masuk utama transportasi laut di Maluku Utara.

"Pembangunan infrastruktur perumahan dan infrastruktur dasar juga diperlukan supaya Ibu kota Sofifi tidak bergantung ke wilayah lain, seperti ke Halmahera,” tegas Luhut.

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menyebutkan, pengembangan Kota Sofifi ini juga dianggap tidak optimal dalam pembangunan kantor pemerintahan.

"Ini membuat situasi pemerintahan kurang begitu stabil dan nyaman sehingga juga berdampak pada proses pembangunan," sebutnya.

Padahal sebenarnya, pembangunan-pembangunan ini dinilai penting untuk mewujudkan visi Maluku Utara yang sejahtera.

Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba mengungkapkan, pihaknya akan mengakselerasi pembangunan infrastruktur, konektivitas, dan pengembangan wilayah yang dibantu pemerintah pusat. (OL-8)

 

Baca Juga

ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

ADB Proyeksikan Ekonomi Indonesia Tumbuh 3,5% Pada 2021

👤Fetry Wuryasti 🕔Rabu 22 September 2021, 13:16 WIB
Indonesia diperkirakan tumbuh 3,5% pada tahun 2021 dan 4,8% pada 2022 di tengah pandemi penyakit virus korona (Covid-19), demikian menurut...
Dok/SETWAPRES

Wapres: Potensi Besar Ekonomi Syariah Masih Bisa Dicapai Indonesia

👤Fetry Wuryasti 🕔Rabu 22 September 2021, 12:54 WIB
Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin mengatakan, mengatakan pada semester I-2021, sektor industri produk halal terus memberikan nilai tambah...
Ist/Kementan

Kabupaten Grobogan Siap Suplai Kebutuhan Jagung Bagi Peternak

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 22 September 2021, 10:55 WIB
Pada bulan September dan Oktober 2021 ini produksi jagung di Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, mencapai 170 ribu...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Miliarder Baru dari Pundong

MASYARAKAT dihebohkan dengan video viral warga Dukuh Pundong III, Kelurahan Tirtoadi, Mlati, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, membeli tiga mobil dengan uang tunai.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya