Rabu 16 Juni 2021, 10:43 WIB

Ekspor Perikanan Melimpah, KKP Terus Bidik Pasar Tiongkok

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Ekspor Perikanan Melimpah, KKP Terus Bidik Pasar Tiongkok

ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra
Hasil perikanan Indonesia

 

KOMODITAS kelautan dan perikanan Indonesia terus menyerbu pasar Tiongkok. Hal ini didasari oleh data China Customs dalam setahun terakhir, Indonesia menempati posisi teratas negara ASEAN yang mengekspor komoditas kelautan dan perikanan ke negeri Tirai Bambu.

Di periode Januari-April tahun 2019 misalnya, nilai ekspor Indonesia mencapai US$212 juta atau 4,47% dari total impor produk kelautan dan perikanan Tiongkok. Jumlah ini meningkat menjadi US$223 juta atau 5,13% total impor produk kelautan dan perikanan Tiongkok di 2020. Sementara di Januari-April 2021, nilai ekspor Indonesia sudah menyentuh angka US$251 juta, sekitar Rp3,5 triliun atau 6,8% total impor produk kelautan dan perikanan Tiongkok.

"Diantara negara ASEAN, Indonesia merupakan eksportir produk perikanan terbesar ke Tiongkok," kata Kepala Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Rina dalam keterangan resmi, Selasa (15/6).

Ekspor komoditas kelautan dan perikanan Indonesia ke Tiongkok pun dikatakan KKP jauh mengungguli negara-negara maju seperti Amerika Serikat, Norwegia, dan Selandia Baru, yang masing-masing negara tersebut menempati peringkat 6, 8 dan 9 negara pengekspor komoditas kelautan dan perikanan ke Tiongkok.

Guna menjaga kualitas dan mutu produk, BKIPM bergerak cepat menyusul temuan paparan covid-19 pada produk hasil perikanan asal Indonesia. Rina mengaku, saat ini jajarannya telah menerima 20 notifikasi terkait kasus tersebut.

Indonesia melalui BKIPM KKP juga telah melakukan harmonisasi dengan pihak otoritas Tiongkok (General Administration of Custom the people's Republik of China/GACC) tentang notifikasi produk perikanan yang positif Covid-19 melalui bilateral meeting yang telah dilakukan sebanyak 9 kali.

"Kami menerima 20 notifikasi yang berasal dari 14 UPI (unit pengolahan ikan) terkait temuan ini," kata Rina.

Baca juga: Produk Olahan Ikan Palembang Bakal Diekspor ke Australia

Selain itu, Pusat Pengendalian Mutu BKIPM mengaku telah melakukan internal suspend terhadap 14 UPI eksportir produk perikanan dan meminta mereka untuk melakukan pengendalian paparan Covid-19 pada seluruh rantai kegiatan produksi hulu-hilir, termasuk terhadap pekerja.

BKIP menyebut, terdapat 10 negara yang melakukan protes terhadap tindakan Tiongkok terkait impor produk perikanan melalui WTO. Kendati demikian, Indonesia memilih pendekatan bilateral untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Sehingga produk perikanan Indonesia bisa tetap diekspor ke Tiongkok.

"Mengingat pentingnya industri perikanan yang bisa menjadi pengungkit ekonomi dan market share kita ke Tiongkok, kita pastikan bahwa KKP khususnya BKIPM akan berbuat semaksimal mungkin," pungkas Rina.(OL-5)

Baca Juga

AFP/Paul Ellis.

Ford Dorong Pabrik Inggris Topang Mobil Listrik di Eropa

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 18 Oktober 2021, 18:13 WIB
Produksi akan dimulai pada 2024 dalam langkah yang diharapkan dapat mengamankan ratusan...
DOK HNI

Produk Halal Asli Indonesia Siap Tembus Pasar Internasional

👤Widhoroso 🕔Senin 18 Oktober 2021, 17:41 WIB
JUTAAN produk halal asli Indonesia siap diekspor ke manca...
ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra

Porsche dan Michelin Bersama Berkomitmen Bantu Petani Karet Indonesia

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 18 Oktober 2021, 17:32 WIB
Kedua perusahaan itu sangat mendukung petani perkebunan kecil di Sumatra di Indonesia, dalam mengekstraksi...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Mencegah Proyek Kereta (jadi) Mubazir

Pembengkakan biaya menjadi biang keladi perlu turun tangannya negara membiayai proyek dengan dana APBN.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya