Senin 07 Juni 2021, 18:25 WIB

Gandeng Market Museum, HIPMI Jaya Dorong Ekonomi Kreatif

Ghani Nurcahyadi | Ekonomi
Gandeng Market Museum, HIPMI Jaya Dorong Ekonomi Kreatif

Dok. HIPMI Jaya
Ajang Revive yang digelar Hipmi jaya bersama Market Museum

 

MEREBAKNYA wabah Covid-19 sejak awal 2020 telah memberikan dampak yang cukup signifikan terhadap perekonomian global. Bahkan, setelah resmi dinyatakan sebagai pandemi oleh WHO, Covid-19 semakin menekan kondisi perekonomian di berbagai sektor. Berbagai perusahaan mulai dari sektor manufaktur hingga pariwisata termasuk ekonomi kreatif sangat merasakan kerugian yang disebabkan oleh virus ini.

Sebagai pelaku-pelaku utama ekonomi di DKI Jakarta, Himpunan Pengusaha Muda Indoenesia (HIPMI) DKI Jakarta menyadari bahwa perekonomian kedepan masih sulit sampai meredanya wabah Covid-19. Untuk itu HIPMI Jaya bekerja sama dengan Market Museum, sebagai salah satu pelopor pop-up market di Indonesia, dalam rangka membangkitkan kembali usaha di bidang ekonomi kreatif, mengadakan acara pop-up market yang melibatkan pelaku usaha lokal.  

Adapun tema yang diusung adalah “Revive” atau “Bangkit Bersama” dengan tujuan mendukung pemulihan ekonomi khususnya Ekonomi Kreatif dan UMKM di Jakarta. Harapannya semoga acara ini dapat menjadi stimulan dan menularkan semangat bangkit bersama bagi UMKM yang terdampak pandemi. Acara ini diadakan dari tanggal 3-6 Juni 2021 di Lippo Mall Kemang, Jakarta Selatan.

Acara itu melibatkan 54 peserta pameran yang terdiri dari 40 peserta produk fashion dan 15 peserta produk kuliner. Beberapa diantaranya adalah produk dari  Anggota HIPMI Jaya seperti merek kopi yang telah menembus pasar internasional yaitu Manis Merah, lalu Ini Teh Susu, Bruule, Anaia, Hibi, Solvo, Skin Junkie, dan Esmee.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi terselenggaranya acara tersebut. 

Baca juga : Kemenkop Imbau Koperasi Simpan Pinjam Spin Off Perluas Usaha

"Bahwa anak-anak muda yang tergabung di HIPMI Jaya dan Market Museum sangat peduli terhadap pelaku ekonomi kreatif yang sangat terdampak dari pandemi Covid-19 ini” katanya saat berkunjung ke pameran tersebut.

Sandiaga juga mengingatkan kepada pelaku usaha untuk tetap semangat dan fokus pada marketing produk sehingga bisa bangkit di tengah pandemi.

Sementara itu Ketua Umum HIPMI Jaya Sona Maesana mengatakan, HIPMI sebagai organisasi kader pengusaha muda, selayaknya berdiri paling depan untuk membantu pemerintah menanggulangi penyebaran wabah Covid-19 dan membangkitkan kembali perekonomian 

"Khususnya perekonomian di DKI Jakarta, salah satunya acara yang diadakan pada saat ini bekerjasama dengan market museum, dengan mendorong para pelaku ekonomi kreatif bangkit bersama setelah 1 tahun lebih terdampak Covid-19," ujarnya.

“Kedepan, HIPMI Jaya dan tentunya dengan bantuan semua pihak baik pemerintah pusat dan daerah serta kalangan dunia usaha akan terus mendorong dunia usaha untuk bersama–sama membangkitkan kembali perekonomian dengan mengadakan kegiatan dan acara yang bisa berdampak langsung terhadap para pelaku dunia usaha khususnya ekonomi kreatif dan UMKM” tutup Sona. (RO/OL-7)

Baca Juga

Dok. ASHA

Sehari Melantai di Bursa, Saham ASHA Langsung Naik 35% dan Sentuh ARA 

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 23:03 WIB
Baru saja listing, saham Perseroan sudah menyentuh Auto Reject Atas (ARA) dengan menguat 35 persen atau 35 point di level Rp135 per lembar...
ANTARA

Kemenperin Gandeng JICA Dorong Pertumbuhan Industri Otomotif

👤Ihfa Firdausya 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 23:00 WIB
KEMENTERIAN Perindustrian (Kemenperin) terus mendorong pertumbuhan industri otomotif di Tanah...
Dok. Apotek K-24

Apotek K-24 Lakukan Pembukaan 35 Gerai Baru Secara Serentak

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 22:50 WIB
Manajer Operasional Apotek K-24 Endah Eka Yani mengatakan, Apotek K-24 masih terus menargetkan penambahan gerai di seluruh...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya