Selasa 01 Juni 2021, 19:50 WIB

Ekspor Militer Israel pada 2020 Capai Rp118 Triliun

Mediaindonesia.com | Ekonomi
Ekspor Militer Israel pada 2020 Capai Rp118 Triliun

AFP/Emmanuel Dunand.
Pesawat militer Israel.

 

EKSPOR militer Israel mencapai US$8,3 miliar (Rp118 triliun) pada 2020. Ini didukung oleh lonjakan 15% dalam jumlah perjanjian yang ditandatangani dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Terlepas dari kekhawatiran pandemi virus korona akan memengaruhi penjualan pada 2020, Israel mengutip pasar baru yang memungkinkan penjualan melonjak US$1 miliar dari 2019. Ini merupakan angka penjualan tertinggi kedua, di belakang 2017, ketika totalnya mencapai US$9,2 miliar.

"Selama setahun terakhir, kami telah bekerja secara intensif untuk memperdalam perjanjian dan kerja sama pemerintah dengan mitra kami di seluruh dunia. Kami akan terus melakukannya," kata Menteri Pertahanan Benny Gantz dalam sebuah pernyataan dari kantornya, Selasa (1/6).

Seperti tahun-tahun sebelumnya, sebagian besar ekspor militer masuk ke negara-negara di kawasan Asia dan Pasifik, kata pernyataan kementerian itu. Angka pemerintah mengatakan radar dan sistem peringatan dini bersama dengan amunisi dan persenjataan masing-masing menyumbang 16% dari penjualan.

Pesawat berawak dan avionik menyumbang 13%. Penjualan rudal, roket, dan sistem pertahanan udara menyumbang 10%. Bidang lain termasuk komunikasi, drone, dan sistem intelijen.

Penjualan ke kawasan Asia dan Pasifik mencapai 44%, 30% ke Eropa, 20% ke Amerika Utara, 4% ke Afrika, dan 2% ke Amerika Latin. Sebagai pemasok utama senjata ke Azerbaijan, Israel pada 2020 mendapat kecaman diplomatik dari Armenia atas peperangan antara tetangga Kaukasus itu di Nagorno-Karabakh yang disengketakan.

 

Menurut data dari Stockholm International Peace Research Institute (Sipri), selama lima tahun terakhir Israel telah menjadi pemasok utama senjata ke Azerbaijan dengan penjualan lebih dari US$740 juta. Ini menempatkannya di atas Rusia. (AFP/OL-14)

Baca Juga

DOK BP BATAM

Wakil Kepala BP Batam Terima Kunjungan Kerja Civil Service College Singapore

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 23 Mei 2022, 08:32 WIB
Mark Low menyampaikan tujuan dari kunjungan kerja Civil Service College Singapore (CSC) ke BP Batam untuk mempererat hubungan baik antara...
MI/HO

Menko Perekonomian Bertemu CEO Qualcomm Bahas Peluang Investasi Digital

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 23 Mei 2022, 07:40 WIB
Menko Airlangga menyampaikan perbaikan ekonomi pascapandemi menjadi peluang untuk mentransformasi perekonomian dan berbagai aktivitas...
DOK Pribadi.

Appnindo Minta Insentif untuk Rokok Elektrik seperti Mobil Listrik

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 23 Mei 2022, 07:10 WIB
Cukai vape sistem tertutup (closed system) lebih tinggi 13 kali lipat dari sistem terbuka (open system), meski sama-sama menggunakan likuid...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya