Jumat 14 Mei 2021, 22:42 WIB

Efek Lebaran, Harga Daging Sapi Diprediksi Masih Tinggi

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Efek Lebaran, Harga Daging Sapi Diprediksi Masih Tinggi

Antara
Ilustrasi daging sapi

 

IKATAN Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi) memperkirakan harga daging sapi di pasar yang berada di Tanah Air masih tinggi usai perayaan Hari Raya Idul Fitri yang jatuh, Kamis (13/5) kemarin.

Sejak H-7 lebaran hingga hari ini (14/5), harga pangan tersebut dilaporkan berada dikisaran Rp120 ribu hingga 150 ribu per kilogram/kg.

"Tren harga daging sapi masih cukup tinggi sampai hari ini," Ketua Bidang Informasi dan Komunikasi Ikappi Reynaldi Sarijowan kepada Media Indonesia, Jumat (14/5)

Dia memprediksi kenaikan harga daging sapi itu dipicu oleh tingginya permintaan masyarakat saat momen lebaran dan bakal terus tinggi hingga beberapa hari kedepan. Seperti diketahui, makanan seperti rendang digandrungi masyarakat selama perayaan Lebaran.

Di DKI Jakarta misalnya, harga daging sapi sekitar Rp130 ribu hingga Rp150 ribu, masih stabil.

"Tapi untuk H+3 lebaran, kami belum bisa pastikan harga bakal turun karena permintaan yang cukup tinggi," tandas Reynaldi.

Mengutip infopangan.jakarta.go.id menunjukkan harga sapi murni atau semur berada di angka Rp137.500 ribu per kg rata-ratanya per 14 Mei. Harga tertinggi berada di Pasar Ciplak, Karet Kuningan, Jakarta Selatan dengan Rp150 ribu per kg. Kemudian dengan harga terendah ada di Pasar Klender, Jakarta Timur dengan harga Rp120 ribu.

Sebelumnya, Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan) meramalkan harga daging sapi akan terus mengalami pergerakan seiring naiknya permintaan dari masyarakat. Namun kenaikan tersebut masih dalam batas yang wajar.

Tercatat dari hasil pantauan ketersediaan daging sapi Kementan, untuk di tingkat Rumah Potong Hewan (RPH) pada (6/5), RPH mulai dari Rp 96.000,-/kg sampai Rp 103.000 per kg untuk sapi lokal, dan Rp 100.000 peri kg hingga Rp 104.000 per kg untuk sapi impor.

Untuk di RPH Bayur-Karawaci misalnya, pada hari biasa rerata jumlah sapi yang dipotong per hari sebanyak 35 ekor namun mendekati lebaran diprediksi akan terjadi peningkatan sebesar 7-8 kali lipat atau sekitar 250 ekor sapi akan dipotong untuk memenuhi permintaan konsumen. (OL-8)

 

Baca Juga

Antara/Aloysius Jarot Nugroho.

Erick Thohir Angkat Tiga Direksi Baru PLN

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 16 Juni 2021, 17:28 WIB
Pergantian direksi merupakan hal yang biasa terjadi dan bagian dari upaya meningkatkan kinerja...
Antara/Prasetia Fauzani.

Ekspor Naik Terus, Industri Mainan Anak Hidupkan Ribuan Pekerja

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 16 Juni 2021, 17:14 WIB
Sektor industri mainan juga dapat memanfaatkan fasilitas fiskal berupa Bea Masuk Ditanggung Pemerintah...
ANTARA FOTO/FB Anggoro

Tarif Layanan Sertifikasi Halal Harus Bisa Jadi Pedoman BPJPH

👤Siswantini Suryandari 🕔Rabu 16 Juni 2021, 17:02 WIB
PMK 57/PMK.05/2021 tentang Layanan Sertifikasi Halal segera dijadikan pedoman Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) dalam...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Orang Rimba masih Berjuang untuk Diakui

MATA Mariau tampak berkaca-kaca kala menceritakan perihnya derita kehidupan anggota kelompoknya yang biasa disebut orang rimba.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya