Sabtu 24 April 2021, 01:45 WIB

KKP Salurkan Pinjaman Modal Rp290 Juta ke Nelayan Belitung

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
KKP Salurkan Pinjaman Modal Rp290 Juta ke Nelayan Belitung

Antara
Nelayan

 

KEMENTERIAN Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Badan Layanan Umum Lembaga Pengelola Modal Usaha Kelautan dan Perikanan (BLU LPMUKP) menyalurkan bantuan pinjaman modal kepada nelayan Suak Gual, Belitung. Total pinjaman mencapai Rp290 juta untuk empat nelayan.

"Bantuan permodalan ini untuk mendukung nelayan tetap bisa eksis di masa pandemi Covid-19," kata Direktur BLU LPMUKP Syarif Syahrial dalam keterangannya, Jumat (23/4).

Syarif menyebut, penyaluran bantuan pinjaman modal ini untuk mendukung peningkatan produktvitas nelayan dalam menangkap ikan dan dalam rangka mendukung program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Syarif menambahkan dana bantuan pinjaman modal yang diberikan pemerintah dikatakan semakin besar setiap tahunnya. Pada 2020, BLU LPMUKP telah menyalurkan dana sebesar Rp192,7 miliar untuk 4.108 pemanfaat.

Sedangkan, pada 2021 sampai Maret ini, dana sebesar Rp97,1 miliar diungkapkan KKP telah disalurkan kepada 1.877 pemanfaat.

Bantuan pinjaman modal diberikan kepada pelaku usaha perikanan pemegang kartu usaha kelautan dan perikanan (Kusuka) baik perorangan maupun kelompok yang memenuhi syarat dan kriteria penerima bantuan yang mudah.

Sementara itu, Amir, menjelaskan tujuan dirinya melakukan pinjaman di LPMUKP karena bunga yang diterapkan dianggap kecil, yaitu tiga persen. Disamping itu, dia mengaku untuk akses dan prosedur pengajuan pinjaman juga dinilai mudah.

"Kami ajukan proposalnya, disetujui hingga akhirnya bisa sampai proses akad kredit ini," pungkasnya. (OL-8)

 

Baca Juga

DOK SHOPEEPAY

Jarang Disadari, Ini 4 Tren di 2021 yang Bisa Bikin Tambah Cuan

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Desember 2021, 14:58 WIB
Buat kamu yang belum sadar akan kehadiran tren finansial di sepanjang tahun ini, jangan khawatir, kamu masih bisa ikut mencoba menerapkan...
Ozan KOSE / AFP

Masyarakat Diimbau Investasi Aset Kripto yang terdaftar di Bappebti

👤Despian Nurhidayat 🕔Jumat 03 Desember 2021, 14:04 WIB
SWI telah menghentikan satu entitas yaitu PT Rechain Digital Indonesia yang melakukan perdagangan aset kripto Vidy Coin dan Vidyx tanpa...
Antara

Dorong Industri Jasa Tumbuh, Pemerintah Siapkan Banyak Program

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Jumat 03 Desember 2021, 13:07 WIB
Beberapa industri jasa justru melesat selama pandemi terjadi. Beberapa industri jasa yang bertumbuh di tengah pandemi ialah jasa informasi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya