Rabu 14 April 2021, 14:46 WIB

Biaya Membengkak, Waskita Karya tidak Naikkan Gaji Pegawai

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Biaya Membengkak, Waskita Karya tidak Naikkan Gaji Pegawai

Antara/Hafidz Mubarak A.
Acara Waskita Karya.

 

AKIBAT dampak pandemi covid-19, PT Waskita Karya (WSKT) memastikan tidak ada kenaikan gaji pada tahun ini. Perseroan tersebut mengaku melakukan efisiensi dari segi pembiayaan karyawan dan direksi.

Director of HCM & System Development Hadjar Seti Adji mengatakan, pihaknya mencatat terjadinya kenaikan biaya pegawai tahun 2020 sebesar Rp134 miliar dibanding tahun 2019. Selain biaya penanganan covid-19 yang mencapai angka sekitar Rp43 miliar, dia mengungkapkan, kenaikan biaya pegawai terutama berasal dari biaya perawatan kesehatan, beban cadangan dan penyelesaian kerja pegawai kontrak di proyek tol yang sudah selesai, serta talangan dana asuransi pensiun pegawai.

"Tidak ada kenaikan gaji komisaris, direksi, dan pegawai," jelas Hadjar dalam keterangan resminya, Rabu (14/4). Perseroan, lanjutnya, melakukan efisiensi dengan mengurangi fasilitas tunjangan jabatan, tunjangan kinerja, dan fasilitas lain secara signifikan.

"Biaya dan fasilitas perjalanan dinas juga dikurangi hingga 52%. Proses efisiensi ini kami lakukan secara seimbang dengan tetap menjaga hak-hak pegawai dan kelangsungan bisnis perseroan," kata Hadjar.

Pihaknya menegaskan, dengan jumlah pegawai mencapai 6.000 orang, keselamatan kerja pegawai dianggap menjadi prioritas utama Waskita Karya. Penerapan protokol kesehatan, kata Hadjar, dilakukan di kantor pusat, unit bisnis, proyek, dan anak perusahaan dengan melibatkan partisipasi seluruh pegawai.

Hal itu seperti kewajiban swab antigen dan PCR secara berkala ke seluruh pegawai, pemberian obat-obatan pendukung, perawatan di rumah sakit atau isolasi mandiri untuk pegawai dan keluarga yang positif covid-19, serta vaksinasi. "Walaupun dalam kondisi likuiditas yang ketat, fokus pada kesehatan pegawai dan keluarga tetap menjadi program utama perseroan," pungkas Hadjar. (OL-14)

Baca Juga

Antara

Isu Nuklir Iran Bikin Harga Minyak Turun 1,1 persen

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 19 Mei 2021, 07:10 WIB
HARGA minyak turun pada akhir perdagangan Selasa (Rabu pagi WIB,19/5/2021), tergelincir dari level tertinggi dua bulan. Penurunan ini...
dok.mi

Harga Emas Kembali Naik Didorong Melemahnya Dolar

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 19 Mei 2021, 06:40 WIB
HARGA emas naik tipis mendekati level tertinggi empat bulan pada akhir perdagangan Selasa (Rabu pagi, WIB, 19/5/2021), memperpanjang...
ant

Saham Inggris Menguat Tipis Terkerek 0,02 persen

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 19 Mei 2021, 06:29 WIB
SAHAM-saham Inggris ditutup sedikit lebih tinggi pada perdagangan Selasa (18/5/2021), berbalik menguat dari penurunan sehari...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Berebut Fulus dari JAKARTA

Jawa Barat menjadi primadona pariwisata bagi warga Jakarta. Namun, sejak pembangunan jalan tol dan terhubung dengan tol trans-Jawa
menyebabkan fulus wisatawan Jakarta terbelah.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya