Senin 12 April 2021, 19:11 WIB

Sandiaga : GeNose di Bandara Soetta Diterapkan pada Mei

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Sandiaga : GeNose di Bandara Soetta Diterapkan pada Mei

Antara/Anindira Kintara
Layanan GeNose di Bandara Dipati Amir, Bangka Belitung

 

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga S Uno menuturkan, penggunaan alat pendeteksi covid-19, GeNose C19 sudah diterapkan di berbagai bandara udara. 

Dalam waktu dekat, alat tersebut akan diberlakukan di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) Tangerang, sebagai salah satu syarat perjalanan bagi calon penumpang. 

"GeNose ini sudah diaplikasikan di beberapa bandara, di Bandara Soekarno-Hatta mulai Mei," kata Sandiaga dalam Weekly Press Briefing secara virtual, Senin (12/4).

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu berharap adanya GeNose dapat meningkatkan rasa percaya diri masyarakat saat melalukan perjalanan.

Serta, dapat mempermudah akses perjalanan karena biaya yang dibanderol dianggap lebih murah dibanding tes covid-19 lain seperti RT PCR atau Antigen yang berada diatas Rp100 ribu.

"Kami meresmikan di bandara Ngurah Rai (Bali) dengan biaya Rp40 ribu dan (estimasi waktu) 15-30 menit bisa menikmati layanan GeNose. Kami harap GeNose akan terus tingkatkan kepercayaan masyarakat untuk mobiitas," pungkasnya. 

Baca juga : Nama Tol Layang Japek kini Menjadi Jalan Layang MBZ

Sebelumnya, PT Angkasa Pura II telah menerapkan GeNose di 4 bandara, yaitu Bandara  Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang  Bandara Husein Sastranegara di Bandung, Bandara Internasional Yogyakarta, dan Bandara Intenasional Juanda Surabaya.

Dalam keterangan pers Angkasa Pura II diejelaskan, ada tiga tahapan yang harus ditempuh calon penumpang pesawat untuk mendapatkan layanan GeNose. 

Pertama, pre-process. Pada tahap ini calon penumpang harus mengunduh dan mendaftar pada aplikasi Airport Health Center, melakukan verifikasi email, dan mengisi profil di aplikasi. Calon penumpang kemudian melakukan pemesanan tes dan membayar. 

Kedua, tahap on-process. Calon penumpang akan diverifikasi, diberi kantong napas dan diambil sampel napas oleh petugas.

Tahap terakhir yakni post-process. Pada tahap ini hasil tes keluar melalui aplikasi. (OL-7)

Baca Juga

Ist

Social Bella Bawa Tiga Brand Kosmetik Indonesia Rambah Pasar Global

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 20:02 WIB
Co-founder Cindy Angelina ESQA Cosmetics menjadi brand lokal pertama yang berekspansi ke pasar Vietnam dengan Social...
Ist

PUPR Tingkatkan Kolaborasi untuk Penyediaan Perumahan Rakyat

👤Ficky Ramadhan 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 19:31 WIB
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan dalam sambutannya, bahwa penyediaan perumahan bagi masyarakat merupakan salah satu tanggung...
ANTARA/Dhemas Reviyanto

Erick Thohir Sebut Kebersamaan Jadi Kunci Indonesia Lewati Setiap Krisis

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 19:28 WIB
Erick mengatakan kolaborasi juga lah yang membuat Indonesia dapat bergerak cepat menyediakan fasilitas kesehatan untuk menangani...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya