Kamis 08 April 2021, 12:12 WIB

Singaporeimagine, Tatanan Baru Menikmati Singapura

Siswantini Suryandari | Ekonomi
Singaporeimagine, Tatanan Baru Menikmati Singapura

AFP/Roslan RAHMAN
Merlion, ikon Singapura yang berlokasi di Marina Bay, salah satu destinasi wisata favorit.

 

PANDEMI covid-19 telah mengubah perilaku perjalanan warga di seluruh dunia. Adanya aturan ketat terkait pencegahan penularan covid-19 juga telah mengubah Singapura dalam menyambut wisatawan atau pebisnis yang akan berkunjung ke negara tersebut.

Singaporeimagine adalah program yang diluncurkan oleh Singapura untuk menampilkan tatanan baru berkunjung,berwisata serta berbisnis di Singapura.

Area Director Singapore Tourism Board (STB) Indonesia di Jakarta, Mohamed Firhan Abdul Salam  menjelaskan bahwa saat ini perjalanan ke Singapura akan berbeda dengan sebelum pandemi covid-19.

"Singapura mempersembahkan standar baru perjalanan yang berbeda, yang aman dan menyenangkan," kata Firhan dalam webinar Hidupkan Kembali Impianmu di Sngapura, Kamis (8/4).


Disebutkan Firhan bahwa saat ini pola perjalanan wisata tidak lagi mencari harga tetapi value.

"Bukan lagi harga tetapi value. Pelaku perjalanan bisa lebih menghargai sebuah perjalanan, lebih akrab dengan lingkungan dan lebih dekat dengan keluarga. Dan perjalanan lebih pendek, tetapi masa tinggal di salah satu destinasi jauh lebih lama," terangnya.

Untuk menjawab tantangan itu, Pemerintah Singapura telah melakukan redesign seluruh destinasi, tempat nongkrong, pusat perbelanjaan, penerbangan, restoran hingga tempat pertemuan bisnis seperti MICE.

Untuk fasilitas di Bandara Changi, kini telah dilengkapi dengan teknologi canggih. Termasuk tiket pesawat, pengecekan penerbangan dan lainnya berbasis teknologi sehingga tidak bersentuhan langsung (contactless).

Kemudian di restoran kini dilengkapi robot yang bisa menyajikan minuman. Termasuk berbelanja pun disajikan dengan tidak kontak langsung. Menariknya lagi, wisata malam terutama diskotik juga ditiadakan.

Bahkan diskotik kini disulap menjadi restoran karena larangan berkerumun dan berkumpul selama pandemi covid-19.

Sebelumnya, John Gregory Covceicao selaku Executive Director STB wilayah Asia Tenggara menjelaskan bahwa Singapore Imagine tetap akan memberikan kenyamanan dalam menikmati liburan di Singapura.

baca juga: Ini Syarat Harus Dipenuhi Untuk Masuk Singapura Mulai Mei

Indonesia adalah salah satu pasar potensial Singapura. Agar warga Indonesia bisa mengetahui lebih banyak tentang wisata di Singapura pada masa pandemi, sejumlah influencer Indonesia salah satunya Marissa Nasution yang kini bermukim di Singapura akan mempromosikan Singaporeimagine melalui media sosial. (OL-3)

 

 

Baca Juga

DOK SHOPEEPAY

ShopeePay Gandeng Viu, Mudahkan Masyarakat Nikmati Hiburan Terbaik

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 17 April 2021, 12:43 WIB
Melalui kerja sama ini, ShopeePay akan menjadi channel pembayaran digital dalam aplikasi Viu dan memungkinkan pelanggan untuk membayar...
DOK KEMENTAN

Panen di Food Estate, Gubernur NTT Buktikan Wujud Peradaban Baru

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 17 April 2021, 12:38 WIB
Gubernur Laiskodat dalam kesempatan tersebut mengatakan bahwa keberhasilan program food estate membuktikan bahwa akan terwujud peradaban...
DOK KEMENTAN

Mentan SYL Dorong Jeneponto Jadi Sentra Pertanian dan Peternakan

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 17 April 2021, 12:32 WIB
Selain ternak, SYL mengatakan kementan akan memberi bantuan berupa pengembangan kebun kopi, perkebunan pisang, bibit kuda dan anakan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Maksimalkan Target di Ajang Pramusim

EMPAT tim semifinalis Piala Menpora, yakni PSS Sleman, Persib Bandung, Persija Jakarta, dan PSM Makassar, akan memaksimalkan turnamen pramusim sebelum berlanjut ke Liga 1

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya