Selasa 06 April 2021, 10:20 WIB

Sandiaga Sebut Dorna Datang ke RI Cek Kesiapan MotoGP 2021

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Sandiaga Sebut Dorna Datang ke RI Cek Kesiapan MotoGP 2021

MI/Susanto
Perkembangan terkini proyek Sirkuit Mandalika dengan pemandangan pantai melalui foto udara di Mandalika,

 

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menuturkan penyelenggara balapan MotoGP, Dorna Sport, dijadwalkan datang ke Indonesia pada hari ini, Selasa (6/4) hingga Rabu (7/4).

Kedatangan Dorna, ucapnya, untuk mengecek langsung kesiapan akhir Sirkuit Internasional Mandalika di Nusa Tenggara Barat.

"Untuk MotoGP, kami menunggu kepastian. Dorna sebagai penyelenggaea MotoGP akan mengunjungi Jakarta dan Mandalika," kata Sandiaga dalam konferensi pers, Senin (5/4).

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu mengungkapkan pemerintah telah menyiapkan berbagai hal untuk mendukung penyelenggaraan MotoGP 2021. Baik dari segi infrastruktur dan produk-produk ekonomi kreatif yang akan dipasarkan saat ajang internasional itu digelar di Mandalika.

Pada intinya kami menyiapkan infrastruktur baik sirkuitnya, tempat yang diperlukan untuk menampung para racer (pembalap) dan juga persiapan (pengembangan) Airport (Lombok) sudah hampir 90% sampai ke produk ekonomi kreatif hingga desa wisata di sekitar Mandalika," terang Sandiaga.

Baca juga: Menteri Basuki Pastikan Sirkuit Mandalika Rampung Juli Ini

Secara umum, Menparekraf mengaku kesiapan pemerintah dalam menyelenggarakan MotoGP sudah mencapai 70%. Sandiaga berharap dengan kedatangan Dorna bisa memastikan kelancaran penyelenggaraan event tersebut.

"Keputusan yang diambil Dorna akan memantapkan kita melangkah kedepan (untuk MotoGP) di Mandalika," pungkasnya.

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan Sirkuit Mandalika akan rampung pada Juli ini.

Pembangunan Sirkuitnya Mandalika dikerjakan oleh PT Pembangunan Perumahan (PP). Trek sepanjang 4,32 km dengan 18 tikungan itu telah masuk dalam kalender provisional MotoGP 2021. Adapun, alokasi anggaran untuk proyek tersebut mencapai Rp1,7 trilliun.

"Untuk perkembangan Mandalika kami monitor secara detail. Kalau untuk sirkuitnya dan kemudian infrastruktur di luarnya termasuk akses Bandara ke Mandalika akan selesai semua di Juli," ujar Basuki dalam keterangannya, Kamis (21/1).(OL-5)

Baca Juga

Antara/Fikri Yusuf

Mudik Dilarang, Prokes Ketat di Tempat Wisata Lokal Disiapkan

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 12 April 2021, 23:04 WIB
"Destinasi lokal akan mendapat limpahan kunjungan. Dengan prokes ketat dan disiplin mereka akan mempertimbangkan destinasi wisata...
Dok. KKP

KKP Tangkap 5 Kapal Ilegal Berbendera Vietnam yang Incar CumiĀ 

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 12 April 2021, 23:01 WIB
Direktur Pemantauan dan Operasi Armada KKP Pung Nugroho Saksono menyampaikan, alat tangkap yang digunakan kelima kapal tersebut berupa...
Antara/Muhammad bagus Khoirunnas

Diseminasi Fakta Objektif Kelapa Sawit, BPBPKS Jalin Kolaborasi

👤Despian Nurhidayat 🕔Senin 12 April 2021, 22:07 WIB
Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) menggandeng Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) untuk mendiseminasikan fakta...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Salah Kaprah Salurkan Energi

Kenakalan remaja pada masa lalu hingga masa kini masih ada, bahkan semakin meninggi. Itu terjadi karena remaja sering kali mementingkan solidaritas grup.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya