Kamis 21 Januari 2021, 09:20 WIB

Menteri Basuki Pastikan Sirkuit Mandalika Rampung Juli Ini

Insi Nantika Jelita | Nusantara
Menteri Basuki Pastikan Sirkuit Mandalika Rampung Juli Ini

MI/Susanto
Perkembangan terkini proyek Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat dengan pemandangan pantai, Minggu (27/9/2020).

 

MENTERI Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan, Sirkuit Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat bakal rampung Juli ini untuk pelaksanaan MotoGP 2021.

Selain sirkuit, akses pendukungnya seperti jalan Bypass Bandara Internasional Lombok (BIL)-Mandalika juga dikatakan rampung pada bulan tersebut. Hal itu disampaikan Basuki saat bertemu Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno pada Rabu (20/1).

"Untuk perkembangan Mandalika kami monitor secara detail. Kalau untuk sirkuitnya dan kemudian infrastruktur di luarnya termasuk akses Bandara ke Mandalika akan selesai semua di Juli," ujar Basuki dalam keterangannya, Kamis (21/1).

Pembangunan Sirkuitnya Mandalika sendiri dikerjakan oleh PT Pembangunan Perumahan (PP). Trek sepanjang 4,32 km dengan 18 tikungan itu telah masuk ke dalam kalender provisional MotoGP 2021.

Sandiaga mengatakan kolaborasi dengan Kementerian PUPR akan terus ditingkatkan untuk mendukung pengembangan 5 destinasi super prioritas (DSP), yang termasuk Kawasan Mandalika.

"Saya sudah laporkan all on progress, all on the track termasuk yang MotoGP. Memang kelihatannya banyak yang harus dikerjakan, tetapi karena saya pengalaman membangun infrastruktur, Bapak Menteri Basuki juga mengetahui, kita yakin Juli sirkuitnya sudah selesai dan fasilitas pendukungnya saya kira Oktober bisa dimanfaatkan," jelas Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu.

Kementerian PUPR mengalokasikan anggaran sebesar Rp7,96 triliun untuk pembangunan infrastruktur di 5 DPSP, mulai Labuan Bajo, Danau Toba, Likupang, Borobudur, dan Mandalika. Rincian anggaranya ialah pada 2019 sebesar Rp1,65 triliun, di 2020 sebesar Rp3,70 triliun, dan tahun ini sebesar Rp2,60 triliun.

baca juga: Menpora Optimistis Sirkuit Mandalika Gelar Seri MotoGP 2021

PUPR menyebut, untuk anggaran 2021 merupakan paket lanjutan Multi Years Contract (MYC) karena rekomposisi MYC dan perubahan dari Single Year Contract (SYC) ke MYC karena adanya realokasi anggaran dan refocussing kegiatan untuk mendukung percepatan penanganan covid-19. (OL-3)

Baca Juga

istimewa

Sekolah Al-Azhar akan Berdiri di Tengah Perumahan KNV

👤Heri Susetyo 🕔Rabu 03 Maret 2021, 09:50 WIB
Sekolah al-Azhar tidak hanya menghadirkan siswa-siswi dari kalangan Sidoarjo, melainkan Surabaya, Gresik dan...
MI/Supardji Rasban

Konflik Walikota vs Wakil Walikota Tegal Belum Usai

👤Supardji Rasban 🕔Rabu 03 Maret 2021, 07:58 WIB
Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tegal akhirnya duduk bersama dan menyaksikan  acara penyerahan program TNI Manunggal Membangun Desa...
Dok MI

Kasus Sembuh Covid-19 di Klaten Bertambah

👤Djoko Sardjono 🕔Rabu 03 Maret 2021, 07:25 WIB
Kasus covid-19 di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, bertambah 11 orang terkonfirmasi positif, Selasa (2/3). Namun, kali ini terdapat 24...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya