Selasa 16 Februari 2021, 09:48 WIB

Pemerintah Percepat Pembangunan Infrastruktur Nganjuk dan Sumbar

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Pemerintah Percepat Pembangunan Infrastruktur Nganjuk dan Sumbar

ANTARA FOTO/Zabur Karuru
Foto udara kondisi tanah longsor di Ngetos, Nganjuk, Jawa Timur, Senin (15/2/2021)

 

PEMERINTAH melalui Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) berupaya mempercepat pembangunan infrastruktur pengembangan wilayah di Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur dan Sumatra Barat (Sumbar). Asisten Deputi (Asdep) Pengembangan Wilayah Djoko Hartoyo menjelaskan, pemerintah daerah Sumatera Barat dan Kabupaten Nganjuk mengajukan beberapa permohonan pembangunan infrastruktur yang diusulkan menggunakan dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Padat Karya.

"Pak Menko (Luhut Binsar Pandjaitan) selalu menyampaikan bahwa penting melalukan pengecekan lapangan atas usulan yang disampaikan, dan kami sudah melakukannya. Oleh karena itu, kami akan mengawal usulan-usulan ini hingga (cepat) selesai,” kata Asisten Deputi (Asdep) Pengembangan Wilayah Djoko Hartoyo dalam keterangan yang dikutip Selasa (16/2).

Djoko menuturkan, terdapat beberapa usulan yang diajukan oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Barat. Seperti, pembangunan jalan dan jembatan, pembangunan irigasi dan normalisasi sungai, pengembangan kawasan food estate, pengadaan kapal antarpulau dan kawasan ekonomi khusus, dan lain-lain.

Sedangkan, Kabupaten Nganjuk pun mengajukan beberapa usulan pembangunan infrastruktur, di antaranya pembangunan Pasar Kertosono, pembangunan pedestrian, rekonstruksi ruas jalan 010 Ngrami-Gondangkulon, pelebaran Jembatan Ngangkatan, dan sebagainya. 

baca juga: Longsor di Nganjuk 

Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Ayodhia G. L. Kalake mengatakan, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dan Pemerintah Kabupaten Nganjuk dianggap cepat merespons dan menyelesaikan dokumen untuk pengajuan program PEN. Ia juga menuturkan bahwa sebelumnya Kemenko Marves telah melakukan kunjungan lapangan ke dua wilayah ini. (OL-3)
 

Baca Juga

Antara/Mohamad Hamzah

Realisasi dan Serapan Program PEN 2021 Dinilai Lebih Baik

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Senin 17 Mei 2021, 20:53 WIB
“Realisasi Program PEN saya kira relatif lebih baik dari tahun lalu. Walaupun perbaikan itu utamanya lebih didukung di sektor-sektor...
Antara/Indiranto Eko Suwarso

Dukung Impor Bawang Putih, KPPU : Jaga Stok Dalam Negeri

👤Insi Nanrtika Jelita 🕔Senin 17 Mei 2021, 20:32 WIB
Wakil Ketua KPPU Guntur Syahputra Saragih berpendapat, hampir dipastikan tidak ada produk subsitusi di dalam negeri yang cukup alias...
Antara

Impor Bawang Putih, Kemendag : Itu Sesuai Permendag

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 17 Mei 2021, 19:48 WIB
"Impor bawang putih diatur dalam Permendag 27 tahun 2020. Coba lihat dulu aturannya," ungkap Indrasari Wisnu...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Optimalkan Potensi Zakat, Ekonomi Bergerak

Berdasarkan data outlook zakat Indonesia pada 2021 yang dipublikasikan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), potensi zakat Indonesia mencapai Rp327,6 triliun.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya