Senin 25 Januari 2021, 11:55 WIB

GeNose-19 untuk Screning Penumpang, KAI Tunggu Aturan Pemerintah

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
GeNose-19 untuk Screning Penumpang, KAI Tunggu Aturan Pemerintah

Antara/Didik Suhartono
Penumpang melintas di Stasiun Kereta Api

 

PT Kereta Api Indonesia (Persero) bakal menggunakan alat pendeteksi covid-19 yakni, Gajah Mada Electric Nose Covid-19 atau GeNose C19 di layanan kereta api.

VP Public Relations KAI Joni Martinus menuturkan, pihaknya masih menunggu aturan resmi soal penerapan screening untuk penumpang transportasi tersebut.

"Saat ini KAI masih menunggu regulasi lebih lanjut dari pemerintah terkait penggunaan GeNose C19 tersebut pada moda transportasi umum," ungkap Joni dalam keterangannya yang dikutip Senin (25/1).

GeNose sendiri sudah mendapatkan Izin Edar dari Kementerian Kesehatan. Dijelaskan bahwa pengambilan sampel dari GeNose C19 berupa embusan napas dan hasil tes dapat langsung diketahui hanya dalam waktu 3 menit. Tarifnya pun diperkirakan berkisar di Rp20.000 untuk satu kali tes dengan akurasi diatas 90%.

Joni menuturkan, penggunaan produk dalam negeri ini juga merupakan dukungan pihaknya pada kampanye Bangga Buatan Indonesia yang sedang digalakkan pemerintah pada masa Pandemi Covid-19.

“KAI mendukung penuh semua langkah dan kebijakan pemerintah untuk mencegah penyebaran Covid-19 di masyarakat. Penggunaan GeNose C19 pada transportasi kereta api dapat menjadi salah satu yang pertama menerapkan inovasi tersebut," pungkas Joni.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan penggunaan GeNose akan digunakan pada moda transportasi kereta api dan bus pada Februari mendatang.

"Pada moda kereta api akan diterapkan secara wajib (mandatory) pada tanggal 5 Februari 2021. Sedangkan angkutan bus tidak wajib, tapi akan dilakukan pengecekan secara random menggunakan GeNose mulai 5 ferbuari 2021, yang akan dimulai dari Pulau Jawa terlebih dahulu,” kata Budi dalam keterangan pers (24/1). (E-1)

Baca Juga

Dok.Sucofindo

Industri Halal, IHLC Teken MoU dengan PT. Sucofindo

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 03 Maret 2021, 23:46 WIB
Dalam waktu dekat, sinergi yang dilakukan adalah dalam bidang pelatihan literasi halal kepada produsen dan konsumen, industri, UMKM dan...
Antara

Linde Rogoh Kocek US$2 Juta untuk Luaskan Pabrik

👤Syarief Oebaidillah 🕔Rabu 03 Maret 2021, 23:26 WIB
Pabrik ini dirancang dengan kapasitas untuk meningkatkan produksi yang berguna untuk mendukung pertumbuhan kebutuhan nitrogen di masa...
Ilustrasi

Pemilik Kapal 30 GT Wajib Berikan Asuransi untuk ABK

👤Bobi Kautsar 🕔Rabu 03 Maret 2021, 23:17 WIB
Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mewajibkan pemilik kapal berukuran 30 gross ton (GT) ke atas memberikan asuransi jaminan kesehatan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya