Senin 28 Desember 2020, 10:43 WIB

Gubernur Bali Beri Sinyal Positif soal Penerimaan Turis Asing

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Gubernur Bali Beri Sinyal Positif soal Penerimaan Turis Asing

ANTARA FOTO/Fikri Yusuf
Wisatawan menaiki perahu jukung milik nelayan saat kegiatan Parade Jukung Hias di Pantai Pandawa, Badung, Bali, Minggu (27/12/2020

 

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno dalam kunjungan kerja ke Bali, membahas penerimaan kembali wisatawan mancanegara ke Pulau Dewata bersama Gubernur Bali I Wayan Koster, di Kantor Gubernur Bali, Minggu (27/12). Dalam pertemuan itu Gubernur Bali I Wayan Koster memberikan sinyal positif untuk membuka kembali wisata di daerahnya terhadap turis asing kedepannya.

"Kami sudah sepakat untuk terus mendorong berbagai kebijakan untuk mengembalikan kepercayaan wisatawan, khususnya wisatawan mancanegara, agar dapat berkunjung ke Bal. Sehingga sektor pariwisata dapat bangkit kembali," ujar I Wayan dalam keterangan pers Kemenparekraf, Senin (28/12).

Diketahui, melalui Peraturan Menteri Hukum dan HAM (Permenkumham) Nomor 26 Tahun 2020 tentang Visa dan Izin Tinggal Dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru, wisman belum bisa liburan ke Bali.

Melalui Permenkumham tersebut, hanya warga negara asing (WNA) yang melakukan perjalanan bisnis saja yang diizinkan pemerintah memasuki wilayah Indonesia. I Wayan juga mengatakan sektor pariwisata menjadi prioritas utama sekaligus sebagai langkah dalam memulihkan perekonomian di Bali. Sandiaga mengaku mendapat banyak masukan dari Gubernur Bali dalam upaya percepatan pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Kami sepakat bahwa kami akan bersama-sama gerak cepat tapi dengan penuh kehati-hatian, agar lapangan kerja masyarakat Bali dapat terselamatkan, bisa bangkit dan pulih kembali," kata Mantan Wakil Gubernur DKI itu.

baca juga: Perdebatan soal Wisata Halal, Sandiaga : Sangat Tidak Perlu

Sandiaga menambahkan, pihaknya bakal bekerja cepat dan melakukan konsolidasi secara internal maupun eksternal dalam berjuang mengatasi dampak dari pandemi covid-19 pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Kita harus bergerak cepat, team workharus betul-betul diperkuat untuk dapat mengatasi pandemi sekaligus upaya membangkitkan kembali sektor pariwisata dan ekonomi kreatif," pungkasnya. (OL-3)


 

Baca Juga

Antara/Reno Esnir

Ada-Ada Saja Minta Menkeu Dipecat, Ini Penjelasan Sri Mulyani Soal Absen Rapat dan Pemotongan Anggaran MPR

👤M Ilham Ramadhan 🕔Rabu 01 Desember 2021, 20:00 WIB
Anggaran untuk pimpinan MPR dan kegiatan tetap didukung sesuai mekanisme...
Dok.BNI Life

Sepanjang 2021, BNI Life Telah Bayar Klaim dan Manfaat Rp1,25 Triliun

👤Despian Nurhidayat 🕔Rabu 01 Desember 2021, 19:43 WIB
BNI Life berhasil membukukan pendapatan premi sebesar Rp3,7 triliun dan pertumbuhan aset sekitar 14% menjadi Rp22,3...
DOK Asabri

Tingkatkan Pelayanan, Asabri Luncurkan Pembaruan Aplikasi Mobile

👤Widhoroso 🕔Rabu 01 Desember 2021, 19:39 WIB
Berbagai hal telah dilakukan Asabri untuk memberikan pelayanan terbaiknya. Paling anyar, Asabri meluncurkan pembaruan aplikasi Asabri...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya