Selasa 15 Desember 2020, 03:50 WIB

Dongkrak Sektor Properti, Stimulus 2021 Ditambah

Gana Buana | Ekonomi
Dongkrak Sektor Properti, Stimulus 2021 Ditambah

ANTARA FOTO/Fauzan
Karyawan menjelaskan produk properti kepada calon pembeli di kawasan BSD, Tangerang, Banten, beberapa waktu lalu.

 

PEMERINTAH melalui Kementerian Keuangan telah memberikan sejumlah insentif fiskal dan alokasi anggaran belanja terhadap sektor properti pada 2021. Hal ini diharapkan tahun depan semua sektor dapat pulih dan memberikan kontribusi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi termasuk sektor properti.

Adapun cakupannya, seperti subsidi selisih bunga (SSB), subsidi bantuan uang muka (SBUM), bantuan pembiayaan perumahan berbasis tabungan (BP2BT), bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS), dana alokasi khusus fisik (DAKF), serta dana bergulir fasilitas pembiayaan.

Ini dilakukan untuk memacu sektor tersebut diperlukan dukungan seluruh stakeholders di antaranya pemerintah, jasa keuangan dan perbankan, serta pengembang.

Dirjen Perbendaharaan Kementerian Keuangan, Andin Hadiyanto, mengatakan sektor properti sangat berperan mendorong pertumbuhan ekonomi. Sektor ini diyakini sangat strategis sehingga menjadi perhatian dalam program pemulihan ekonomi nasional (PEN).

“Tujuan utamanya ialah untuk mengurangi backlog perumahan nasional, jadi akan banyak tambahan rumah yang bisa diakses masyarakat, khususnya untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR),” kata Andin dalam keterangan resmi yang diterima belum lama ini.

Menurut dia, untuk mengatasi kondisi backlog dibutuhkan intervensi langsung dari pemerintah untuk MBR. Angka backlog kepemilikan rumah sebesar 11,4 juta orang dan backlog keterhuniaan ialah 7,6 juta orang.

Lakukan intervensi

“Pemerintah telah melakukan sejumlah intervensi termasuk di antaranya mendorong supply side dengan mengusahakan ketersediaan rumah, meningkatkan akses pembiayaan, harga rumah yang terjangkau, dan prog­ram berkelanjutan,” kata dia.

Dengan dukungan yang akan diberikan, Andin optimistis para pelaku sektor properti dapat diakselerasi dengan baik. Perbankan khususnya, dapat memaksimalkan perannya menjadi penyalur dana subsidi maupun dana PEN yang sudah dialirkan sejak Juni lalu.

Seperti yang diketahui, dukungan pemerintah dari tahun ke tahun terus meningkat nilainya. Pada 2020, dana bergulir FLPP Rp9 triliun, SBUM Rp600 miliar, dan SSB Rp3,87 triliun. Sementara itu, PMN untuk SMF Rp1,75 triliun, PEN Perumahan Rp1,3 triliun, dan DAKF Rp1,42 triliun.

Pada 2021, alokasi tersebut bertambah, yakni dana bergulir FLPP menjadi Rp16,62 triliun, SBUM menjadi Rp630 miliar, dan SSB menjadi Rp5,97 triliun. “Sementara itu, PMN untuk SMF menjadi Rp2,25 triliun dan DAKF menjadi Rp1 triliun,” kata Andin.

Menanggapi hal itu, Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (BTN) Tbk Pahala Nugraha Mansury menilai tetap dibutuhkan dukungan untuk sektor perumahan. Tidak hanya di sisi demand, tapi juga sisi supply.   

Ia menilai salah satu sektor yang memiliki kinerja yang cukup baik ialah sektor realestat karena pada triwulan III pertumbuhannya mencapai 2%. Karena itu, Pahala sangat optimistis stimulus yang diberikan pemerintah untuk 2021 bakal dapat mengakselerasi sektor pro­perti lebih cepat lagi karena perekonomian diprediksi membaik. (S-1)

Baca Juga

Antara

PLN Bisa Hemat Rp10 M dari Pembelian Listrik PLTM Pantan Cuaca Aceh

👤Insi Nantika Jelita 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 23:49 WIB
PLTM Pantan Cuaca berlokasi di Kabupaten Gayo Lues berkapasitas 4,5 MW dengan nilai investasi sebesar Rp 160...
Dok. BEBS

Jalin MoU Dengan WIKA, BEBS Akan Lakukan Pembangunan Infrastruktur di Azerbaijan

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 23:32 WIB
Direktur Utama BEBS Hasan Muldhani mengungkapkan, rencana ekspansi usaha BEBS-WIKA tersebut dalam bentuk Kerja sama Operasi untuk...
ANTARA FOTO/DHemas Reviyanto

BUMN yang Sehat Beri Dampak Besar Bagi Negara dan Masyarakat

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 22:45 WIB
"Sejak awal, kita berkomitmen melakukan transformasi menyeluruh dengan memperbaiki proses dan fokus bisnis hingga penerapan budaya...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya