Rabu 25 November 2020, 14:20 WIB

Enam Provinsi Naikkan UMP, Satu lagi belum Putuskan

Despian Nurhidayat | Ekonomi
Enam Provinsi Naikkan UMP, Satu lagi belum Putuskan

MI/Andri Widiyanto
.

 

SAAT ini sudah ada enam provinsi yang menaikkan upah minimum provinsi (UMP) tahun depan. Sebelumnya yang terpublikasi hanya lima provinsi.

Lima provinsi yang lebih dulu menyatakan penaikan UMP ialah Jawa Tengah, Yogyakarta, Sulawesi Selatan, Jawa Timur, dan DKI Jakarta. Provinsi baru yang ikut menaikkan UMP tahun depan ialah Bengkulu.

"Ada enam provinsi yang menetapkan upah minimum 2021 lebih tinggi dari 2020 yaitu Jawa Tengah, DIY, Sulsel, Jatim, DKI Jakarta, dan Bengkulu," ungkap Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah dalam rapat kerja bersama Komisi IX DPR, Rabu (25/11).

Ida menambahkan bahwa 27 provinsi dipastikan menetapkan upah minimum 2021 sama dengan 2020. Masih ada satu provinsi yakni Gorontalo belum mengambil keputusan mengenai upah minimum.

"Sampai sekarang hanya ada satu provinsi yang belum menetapkan upah minimum 2021 yaitu Provinsi Gorontalo," kata Ida.

Selain itu, dia telah memberikan Surat Edaran Menaker 11/2020 yang berisikan amanat kepada gubernur di tiap provinsi untuk melaksanakan penetapan upah minimum setelah 2021 sesuai ketentuan perundang-undangan.

"Dengan demikian, upah minimum 2022 ditetapkan dengan mempedomani Undang-Undang Cipta Kerja yang telah disahkan beserta peraturan pelaksanaannya," tuturnya. (OL-14)

Baca Juga

Ist

Sprei Brand Lokal dari Bahan Ramah Lingkungan Diluncurkan  

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 08 Februari 2023, 20:36 WIB
Bahan dasar serat selulosa lyocell ini berupa chemical pulp regenerasi yang terbuat dari bambu tumbuk dan kayu yang ramah...
Antara

Proyek Tol Bawah Laut di IKN Nusantara Libatkan Belanda dan Korsel

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 08 Februari 2023, 20:22 WIB
Kementerian PUPR mengungkapkan saat ini, proyek tol bawah laut di IKN Nusantara masih dalma tahap studi kelayakan. Tol bawah laut akan...
Antara/Resno Esnir

PGE Menjadi Garda Terdepan Pencapaian Bauran Energi EBT 23% pada 2025

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 08 Februari 2023, 19:52 WIB
Pemerintah meluncurkan sejumlah program untuk mendorong EBT, di antaranya insentif pajak seperti pada panas bumi maupun kepastian harga...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya