Minggu 03 Mei 2020, 18:47 WIB

Gagal Paham Alokasi Dana Korona, DAU 380 Daerah Dibekukan

Cahya Mulyana | Ekonomi
Gagal Paham Alokasi Dana Korona, DAU 380 Daerah Dibekukan

Ilustrasi
Ilustrasi APBD

 

PEMERINTAH menerbitkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 35/PMK.07/2020 untuk realokasi dan refocusing anggaran belanja APBN dan APBD 2020 dalam rangka penanganan pandemi dan dampak covid-19.

Sayangnya 380 pemerintah daerah gagal paham mekanisme tersebut sehingga realokasi anggaran yang telah dibuat tidak memenuhi syarat dan dikenakan sanki berupa penundaan penyaluran dana alokasi umum (DAU) sebanyak 35%.

"Daerah yang terkena sanksi pembekuan DAU ini akibat kurang membaca yang akhirnya jadi kurang paham. Ada juga yang karena sense of crisisnya kurang sehingga alokasinya tidak sesuai aturan," kata Pelaksana Tugas Dirjen Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Mochamad Ardian Noervianto kepada Media Indonesia, Minggu (3/5).

Menurut dia, akibat hal tersebut 380 pemerintah daerah terkena sanksi penundaan DAU sesuai Keputusan Menteri Keuangan Nomor 10/KM.7/2020. Selain itu, faktor politik tidak menjadi penyebab gagalnya daerah memenuhi ketentuan alokasi anggaran untuk penanganan virus korona atau covid-19.

Baca juga : Besok, Perppu Covid-19 Akan Mulai Dibahas Banggar DPR

Kemendagri, kata dia, akan terus mendorong daerah yang terkena sanksi itu untuk memperbaiki realokasi APBD.

"Melakukan penyesuaian bukan berarti telah memenuhi persyaratan. Kan ada syarat-syaratnya di SKB, makanya laporan pemda di assesment kembali," ujarnya.

Sementara itu total anggaran dari seluruh daerah untuk penanganan covid-19 sebanyak Rp63 triliun. Namun angka ini masih bersifat sementara dan minimal akibat 380 daerah belum memenuhi ketentuan sesuai yang digariskan surat keputusan bersama dan peraturan menteri keuangan.

"Angka ini masih angka minimal," pungkasnya. (OL-7)

Baca Juga

Istimewa

Penerapan Industri Hijau dan Circular Economy Naikkan Daya Saing

👤Haryanto 🕔Sabtu 05 Desember 2020, 22:35 WIB
PENINGKATAN produktivitas dan daya saing sektor industri manufaktur merupakan salah satu kunci untuk mengakselerasi pemulihan ekonomi...
Dok.BCA

BCA Raih 33 Award di Contact Center World - Asia Pasifik 2020

👤Heryadi 🕔Sabtu 05 Desember 2020, 21:22 WIB
PT Bank Central Asia Tbk (BCA) berhasil membuktikan layanan yang prima dengan membawa pulang 33 penghargaan dalam beberapa kategori ajang...
Dok. Istimewa

30 Pelaku Usaha Ikuti Pelatihan Intensif #SampoernaUntukUMKM

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 05 Desember 2020, 19:47 WIB
UMKM yang merupakan kunci kemandirian ekonomi kerakyatan, utamanya di masa...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya