Minggu 03 Mei 2020, 15:01 WIB

Kadin Prediksi Angka Pengangguran Meningkat 5,23 Juta

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Kadin Prediksi Angka Pengangguran Meningkat 5,23 Juta

Ilustrasi
Pengangguran meningkat

 

KETUA Kamar Dagang dan Industri (Kadin) DKI Diana Dewi menyebut angka pengangguran secara nasional selama pembatasan sosial berskala besar (PSBB) bakal meningkat sampai 5,23 juta.

Angka tersebut didapat dari Kementrian Keuangan yang telah menginformasikan ada dua skenario tenaga kerja dampak covid-19.

"Pertama sekenario berat yaitu pengangguran bertambah sekitar 2,92 Juta dan sekenario sangat berat pengangguran bertambah 5,23 Juta," ujar Diana kepada Media Indonesia, Jakarta, Minggu (3/5).

Selain itu, Diana juga mengungkapkan dari data yang dilaporkan ke Kadin, sudah 1.657 hotel dan ribuan resto serta waralaba tutup imbas pandemi covid-19.

Baca juga : Program Relaksasi Kredit Perbankan Harus segera Direalisasikan

Ia mengatakan, banyaknya pengusaha mikro dan informal yang terhenti kegiatan aktivitas usahanya, memberi andil yang sangat besar menambah jumlah pengangguran di saat PSBB.

"Perusahaan mikro dan informal di Jakarta paling banyak terdampak, tetapi yang industri lebih banyak di daerah lain," jelas Diana.

Ia mengakuvdengan kondisi tersebut, cadangan cash flow dari masing-masing pengusaha juga sangat berbeda. Akan tetapi apabila diambil rata-rata hanya mampu bertahan dalam beberapa bulan kedepan

"Dari hal itu dapat saya katakan bahwa selama penanganan pandemi covid-19 ini belum selesai, maka kami juga tidak dapat berbuat apa-apa," pungkas Diana. (OL-2)

 

Baca Juga

Dok. BRI

Akuisisi Danareksa Investment Management, BRI Tegaskan Visi Jadi “The Most Valuable Banking Group in South East Asia & Champion of Financial Inclusion"

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 02 Desember 2022, 09:55 WIB
Dengan demikian saat ini kepemilikan BRI pada DIM menjadi sebesar...
Dok. DPR Ri

Legislator : Wajar Jika Ada Penolakan UMP Naik 10 Persen, Bisa Digugat Lewat Jalur Hukum

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 02 Desember 2022, 08:30 WIB
Politisi PDI-Perjuangan itu menyebut tersedia jalur hukum untuk menggugat tanpa harus melakukan aksi demo...
Ist ilustrasi

Deretan Jawara Jenama Terbaik Tanah Air Telah Diumumkan

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 02 Desember 2022, 08:14 WIB
Majalah SWA dan Mars Indonesia Digital bekerja sama melakukan Brand Survey 2022 untuk menentukan Indonesian Best Brand...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya