Kamis 12 September 2019, 17:15 WIB

Lagi Tren, Hunian Berkonsep Transit dan Pendidikan

mediaindonesia.com | Ekonomi
Lagi Tren, Hunian Berkonsep Transit dan Pendidikan

Antara/Dhemas Reviyanto (STR)
Suasana pameran properti di JCC, Jakarta, beberapa waktu lalu. Kini hunian berkonsep ETOD kian diminati.

 

KONSEP hunian, terutama hunian vertikal di era sekarang semakin bervariasi. Salah satu yang kini berkembang ialah apartemen dengan konsep education and transit oriented development (ETOD). Gaya itu berorientasi pada penyediaan fasilitas pendidikan bagi para penghuni sekaligus memberi kemudahan akses transportasi.

PT Repower Asia Indonesia (Repower) termasuk yang sudah menerapkan konsep itu. Mereka menggulirkan hunian berkonsep ETOD di sejumlah lokasi di Jakarta, Tangerang, dan Bekasi.

"Inovasi terbaru ini akan lebih intensif diimplementasikan dalam pengembangan masa depan di tiga proyek apartemen kami di Bekasi Timur, Tangerang, dan Pasar Minggu, Jakarta Selatan," papar Presiden Direktur PT Repower Asia Indonesia Aulia Firdaus dalam siaran pers di Jakarta, Kamis (12/9).

Menurut dia, saat ini, konsumen kian mempertimbangkan hunian yang dilengkapi dengan fasilitas pendidikan. Karena itu, para orang tua atau penghuni apartemen yang dikembangkan Repower akan difasilitasi dengan sekolah atau perguruan tinggi yang memadai.

"Tentu, sekaligus memiliki akses transportasi yang memudahkan mobilitas para penghuni apartemen," sergah Aulia.

Repower saat ini tengah menyiapkan proyek apartemen di tiga lokasi yang akan dibangun mulai 2020 dan ditargetkan rampung antara 2021 hingga 2023. Segmentasi yang dibidik adalah kalangan menengah atas.
Selain hunian yang nyaman, apartemen tersebut ditunjang berbagai fasilitas pendidikan dan area komersial yang memadai.

Aulia menjelaskan, penerapan konsep ETOD di proyek apartemen merujuk pada pengalaman Repower dalam menggarap hunian tapak Botanical Puri Asri di Depok, Jawa Barat.

"Hunian ini mengusung konsep education oriented development yang lokasinya berdekatan dengan tiga kampus ternama di Indonesia," tambah dia. Tiga kampus itu ialah Universitas Indonesia, Institut Sains Teknologi Nasional (ISTN), dan Akademi Pimpinan Perusahaan (APP).

"Botanical Puri Asri mengusung desain rumah minimalis modern yang dikombinasi dengan kawasan terbuka hijau. Lokasinya sangat strategis, sangat dekat dengan pintu Tol Depok-Antasari," kata Aulia.

Selain Botanical Puri Asri, Repower juga tengah menyelesaikan pembangunan perumahan Green Botanical Garden di Jagakarsa, Jakarta Selatan. Perumahan ini memiliki lokasi dekat dengan pusat kawasan bisnis TB Simatupang, Jakarta Selatan.

"Hunian tapak ini cukup nyaman dan asri serta berarsitektur modern tropis yang memenuhi kebutuhan hunian kalangan menengah keatas," jelas Aulia. (RO/X-12)


 

Baca Juga

Dok. Intiland

Intiland Gelar Tahapan Topping Off Apartemen SQ Rés, Siap Sambut Geliat Sektor Properti

👤Mediaindonesia.om 🕔Minggu 26 Juni 2022, 21:51 WIB
Direktur Pengembangan Bisnis Intiland Permadi Indra Yoga menjelaskan pelaksanaan topping off menjadi tahapan penting dalam proses...
Ist

Tabungan Simpedes Ajak UMKM PeDe Memimpin Perubahan

👤Akmal Fauzi 🕔Minggu 26 Juni 2022, 21:47 WIB
AKTIVITAS masyarakat dan perputaran ekonomi Indonesia yang mulai kembali normal harus dimanfaatkan pelaku UMKM yang sempat terpuruk selama...
Ist

Bangun Desa Mandiri, PT TIA Raih CSR & PDB Awards 2022

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 26 Juni 2022, 21:16 WIB
Diraihnya penghargaan ini merupakan bagian dari konsistensi TIA dalam membangun Kemandirian Desa Binaan di sekitar wilayah operasionalnya...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya