Jumat 22 Maret 2019, 19:15 WIB

Perum Bulog Tengah Lengkapi Persayaratan Impor Bawang Putih

Andhika Prasetyo | Ekonomi
Perum Bulog Tengah Lengkapi Persayaratan Impor Bawang Putih

Ilustrasi -- ANTARA FOTO/Umarul Faruq
Warga antre membeli bawang putih saat berlangsungnya operasi pasar bawang putih di pasar induk Osowilangun, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (19/5).

 

PERUM Bulog masih berupaya melengkapi berbagai persyaratan untuk bisa mengantongi impor bawang putih. Yang paling awal, perseroan harus terlebih dulu mendapatkan rekomendasi impor dari Kementerian Pertanian.

"Kalau rekomendasi Kementan sudah otomatis keluar saat rapat koordinasi terbatas di Kemenko (Bidang) Perekonomian kemarin. Mereka yang mendorong (impor) juga di sana," ujar Direktur Pengadaan Perum Bulog Bachtiar Utomo kepada Media Indonesia, Jumat (22/3).

Baca juga: Menghentikan Perang Dagang bukan Perkara Mudah

Saat ini, perseroan masih harus menunggu surat penugasan dari Kementerian BUMN sebelum mengajukan izin ke Kementerian Perdagangan.

"Setelah itu masuk ke Inatrade. Kalau sistem sudah turun, izin impor sudah keluar, baru kita lakukan lelang terbuka. Semua proses itu harus dilalui," tuturnya.

Ia mengatakan pihaknya akan berupaya merampungkan penugasan impor bawang putih secepatnya agar harga komoditas itu di pasar lokal dapat turun secepatnya.

"Ini kan tujuannya untuk stabilisasi harga. Supaya masyarakat bisa mengakses bahan pangan dengan mudah dan murah. Pasti kami upayakan secepatnya," tandas Bachtiar.

Baca juga: Pemerintah Komitmen Sediakan Akses Air bagi Seluruh Masyarakat

Adapun, Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kemendag Oke Nurwan mengatakan pihaknya belum mengeluarkan izin lantaran perseroan belum melayangkan pengajuan.

Sebagaimana diketahui, perseroan diembani tugas untuk mengimpor 100 ribu ton bawang putih dengan tujuan menekan harga komoditas di pasar lokal yang kini melebih Rp40 ribu per kilogram. (OL-6)

Baca Juga

Antara/Galih Pradipta

Soal Hilirisasi Industri, Bahlil : RI Tidak Mau Didikte dan Ditipu

👤Insi Nantika Jelita 🕔Selasa 24 Mei 2022, 21:13 WIB
Salah satu bentuk hilirisasi industri itu berupa pembangunan pabrik baterai kendaraan listrik joint venture antara Hyundai-LG di Karawang,...
Ist

Wapres Ma'ruf Amin Resmikan Halal Industry Event 2022

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 24 Mei 2022, 21:05 WIB
Kolaborasi riset diperlukan untuk menciptakan nilai tambah produk-produk halal Indonesia agar masuk dan berjaya di pasar...
Dok. Pribadi

UNDP Dorong Milennial Berinvestasi Bijak untuk SDGs.

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 24 Mei 2022, 21:02 WIB
Tren investasi saat ini telah mencapai perubahan mendasar karena semua orang dapat memilih dan memutuskan instrumen mereka dengan cara yang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya