Kamis 21 Maret 2019, 16:28 WIB

Impor Bawang Putih oleh Bulog, Darmin: Kita Perlu Sekarang

Nur Aivanni | Ekonomi
Impor Bawang Putih oleh Bulog, Darmin: Kita Perlu Sekarang

Antara
Pedagang sedang menata bawang putih impor.

 

MENTERI Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution menegaskan impor bawang putih yang ditugaskan kepada Perum Bulog memang diperlukan lantaran kurangnya stok bawang putih saat ini telah membuat harganya melonjak tinggi.

Hal itu disampaikannya saat menanggapi protes dari sejumlah importir yang merasa tidak adil dengan penugasan impor bawang putih kepada Bulog.

"Karena kita perlu sekarang. Dari dulu, pemerintah kalau soal pangan strategis seperti ini, kalau mengimpor salah satu alternatifnya melalui Bulog. Itu dari dulu, (impor) apa saja. Baik itu daging atau apa. Jadi, kalau kita perlu, kita minta dia (impor)," kata Darmin saat ditemui di kantornya, Jakarta, Kamis (21/3).

Jika ketersediaan bawang putih dinilai sudah cukup, kata Darmin, pemerintah tidak akan membuka keran impor. Kalaupun importir mau melakukan impor bawang putih, mereka harus melakukan kewajiban tanam sebanyak 5% dari volume rencana impor terlebih dahulu.

Sebelumnya diberitakan, penugasan impor bawang putih sebanyak 100 ribu ton kepada Bulog mendapat protes dari sejumlah importir. Hal tersebut dianggap menimbulkan perlakuan yang tidak adil bagi importir. Pasalnya, penunjukkan Bulog yang bisa mengimpor bawang putih tersebut tanpa perlu melakukan kewajiban tanam sebanyak 5% dari volume rencana impor.

Baca juga: Penugasan Impor Bawang Putih Bebani Bulog

Darmin menegaskan bahwa kewajiban tanam itu tidak bisa disamakan kepada Bulog yang tidak rutin melakukan impor. "Bulog tidak wajib tanam karena memang mereka tidak rutin mengimpor bawang putih, kecuali kalau mereka rutin, baru dapat kewajiban. Ketika kita perlu (impor), kita minta mereka," pungkasnya. (A-1)
 

Baca Juga

dok.ist

Kementan dan DPR Tingkatkan Kapasitas SDM Pertanian Melawi

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Mei 2022, 23:40 WIB
KEMENTAN RI melalui Sekolah Menengah Kejuruan Pertanian Pembangunan Negeri Banjarbaru berkolaborasi dengan Komisi IV DPR RI terus berupaya...
Antara/Boyek Lela Martha

Kemendagri: Produk dalam Negeri Harus Jadi Tuan di Rumah Sendiri

👤Yakub Pryatama WIjayaatmaja 🕔Kamis 26 Mei 2022, 23:17 WIB
UMKM harus jadi perhatian  karena sektor ini paling luas serapan lapangan kerjanya,"...
Antara/HO BNBR

Realisasikan Investasi RI-Inggris, Bahlil bakal Bentuk Tim Khusus

👤Insi Nantika Jelita 🕔Kamis 26 Mei 2022, 22:25 WIB
“Saya pikir kita perlu membuat tim khusus untuk merealisasikan kerja sama ini yang akan kita teken saat Konferensi Tingkat Tinggi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya