Jumat 08 Februari 2019, 14:20 WIB

Kemenhub: Pemerintah tidak Atur Tarif Kargo

Antara | Ekonomi
Kemenhub: Pemerintah tidak Atur Tarif Kargo

ANTARA FOTO/Ampelsa

 

DIREKTUR Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Polana B Pramesti menegaskan pemerintah tidak mengatur tarif kargo sebagaimana yang tertera dalam UU 1/2009 tentang Penerbangan.
 
"Sebagai regulator, kami tidak mengatur tarif kargo, tapi akan segera menanggapi keluhan masyarakat terkait kargo udara," kata Polana, seperti dikutip dari Antara, di Jakarta, Jumat, 8 Februari 2019.
 
Dia menjelaskan dalam UU 1/2009, Pasal 128 ayat (1) tentang tarif penumpang pelayanan non-ekonomi angkutan udara niaga berjadwal dan angkutan kargo berjadwal dalam negeri ditentukan berdasarkan mekanisme pasar dan ayat (2) berbunyi tarif angkutan udara niaga berjadwal dan angkutan kargo berjadwal dalam negeri ditentukan berdasarkan kesepakatan antara pengguna jasa dan penyedia jasa angkutan.

Baca juga: Kemenhub Siap Tanggulangi Keluhan Tarif Kargo

Namun, Ditjen Perhubungan Udara telah mengambil langkah awal dengan melakukan pertemuan dengan pemangku kepantingan terkait, yakni Badan Usaha Angkutan Udara, Angkasa Pura I dan II, Asosiasi Logistik dan Forwader Indonesia (Alfi) pada 23 Januari 2019 yang lalu dan telah melakukan observasi pelayanan kargo pada 31 Januari sampai 1 Februari di Bandar Udara Soekarno Hatta, Tangerang.

Selain itu akan ditindaklanjuti dengan pertemuan dengan para para Badan Usaha Angkutan Udara, AP I dan AP II, Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres, Pos dan Logistik Indonesia (Asperindo) dan Alfi untuk mencari solusi terkait masalah tarif kargo udara tersebut.
 
"Saya juga mengimbau kepada Badan Usaha Angkutan Udara untuk bersepakat dengan pengguna jasa kargo udara terkait tarif," pungkasnya. (OL-7)

Baca Juga

Antara

Mendag: Hari Pertama Puasa, Harga Bahan Pokok Stabil

👤Fetry Wuryasti 🕔Selasa 13 April 2021, 19:03 WIB
Kementerian Perdagangan terus memastikan kestabilan harga dan ketersediaan bahan pokok di tengah masyarakat selama...
DOK SHOPEEPAY

ShopeePay Super Online Deals Meriahkan Aktivitas Puasa dari Rumah

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 13 April 2021, 19:02 WIB
Pemerintah juga tetap mengimbau masyarakat untuk berbuka puasa dan sahur dari rumah bersama keluarga...
ANTARA FOTO/Muhamad Iqbal

Pencabutan Subsidi Listrik Menghemat Belanja Negara Rp22,2 Triliun

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 13 April 2021, 18:30 WIB
Pencabutan subsidi listrik golongan 450 VA yang menyasar 15,2 juta pelanggan akan menghemat belanja negara sebesar Rp22,12...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Salah Kaprah Salurkan Energi

Kenakalan remaja pada masa lalu hingga masa kini masih ada, bahkan semakin meninggi. Itu terjadi karena remaja sering kali mementingkan solidaritas grup.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya