Kamis 09 Mei 2019, 22:40 WIB

Tarif Batas Atas Pesawat Turun 15%

(Pol/*/E-2) | Ekonomi
Tarif Batas Atas Pesawat Turun 15%

ANTARA FOTO/Fikri Yusuf
Pesawat udara berada di landasan pacu Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali,

 

PEMERINTAH berencana menurunkan tarif batas atas tiket pesawat sekitar 15%. Menteri Perhubungan Budi Karya mengatakan hal itu akan dituntaskan pada Senin pekan depan bersama Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution. “Ada di kisaran itu. Kami akan finalkan hari Senin,” ujarnya di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (9/5).

Budi menjelaskan, dasar penghitungannya didapat dengan mencari HPP atau harga pokok produksi. HPP, jelasnya, bertumpu pada on time performance, avtur, dolar, dan keterisian kursi penumpang pesawat (load factor).

Ia memastikan angka penurunannya tidak akan membebani maskapai penerbangan. “Dibicarakan (dengan maskapai). Bukan minta persetujuan, tapi dikomunikasikan,” imbuhnya.

Sebelumnya, Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Polana Pramesti mengatakan penurunan tarif batas atas diharapkan bisa terealisasi sebelum Lebaran.

“Kita harus bahas. Menurunkan (tarif tiket pesawat) tidak bisa sembarangan karena harus ada parameternya atau asumsi yang dibahas bersama menteri BUMN termasuk stakeholder yang lain,” ucap Pramesti.

Dalam menanggapi rencana penurunan tarif batas atas tersebut, Menteri BUMN Rini Soemarno menyampaikan bahwa pihaknya akan mengikuti keputusan yang akan diambil Kementerian Perhubungan sebagai regulator. “Kita akan mengikuti. Garuda kan salah satu pelaku usaha di sektor penerbangan. Kita akan mengikuti aturan yang ditetapkan Kementerian Perhubungan,” ujarnya.

Mahalnya tiket pesawat banyak dikeluhkan masyarakat. Lantaran mahalnya tarif, Menhub memprediksi masyarakat banyak yang beralih ke angkutan darat di musim mudik Lebaran tahun ini. “Tetapi itu sudah kami antisipasi,” tandasnya.

Jalur darat menjadi pilihan para pemudik lantaran Tol Trans-Jawa sudah terhubung dari Jakarta hingga Surabaya.

“Ini meningkatkan ekspektasi masyarakat ke jalan tol. Oleh karena itu kami bicara intensif dengan kepolisian dan sosialisasikan untuk menghindari ­penumpukan,” tegas Menhub. (Pol/*/E-2)

Baca Juga

Dok. TikTok

Kolaborasi dengan Smesco, TikTok Ajak Bangga Gunakan Produk UKM

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Sabtu 17 April 2021, 23:30 WIB
Gernas BBI diharapkan dapat mendukung target pemerintah untuk meningkatkan kontribusi UMKM terhadap PDB Negara yaitu sekitar 65% di tahun...
Dok. Pribadi

Ini Usulan Persatuan Insiyur Indonesia soal Ibu Kota Baru

👤Syarief Oebaidillah 🕔Sabtu 17 April 2021, 23:15 WIB
IKN yang diibaratkan, memulai dari kertas putih maka berkesempatan menjadikan IKN sebagai standar baru ibukota dunia yang menjadi acuan...
Medcom.id/Sri Yanti Nainggolan

Pangansari Pasok Katering Premium untuk Proyek Wika di Luar Negeri

👤Micom 🕔Sabtu 17 April 2021, 21:57 WIB
PT Pangansari Utama Food and Resources menandatangi nota kesepahaman (MoU) dengan perusahaan konstruksi PT Wijaya Karya...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Maksimalkan Target di Ajang Pramusim

EMPAT tim semifinalis Piala Menpora, yakni PSS Sleman, Persib Bandung, Persija Jakarta, dan PSM Makassar, akan memaksimalkan turnamen pramusim sebelum berlanjut ke Liga 1

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya