Selasa 07 Mei 2019, 08:00 WIB

Pekan Depan Tarif Pesawat Diturunkan

(Nur/E-2) | Ekonomi
 Pekan Depan Tarif Pesawat Diturunkan

MI/SUSANTO
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi

 

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa pihaknya akan mengevaluasi tarif batas atas tiket pesawat. Hal tersebut merupakan hasil dari rapat koordinasi mengenai tiket pesawat yang digelar di Kementerian Koordinator bidang Perekonomian.

"Kita akan evaluasi (tarif) batas atas. Saya diberi waktu satu minggu akan menetapkan (tarif) batas atas baru untuk penerbangan ekonomi," kata Budi seusai rakor di Kemenko Perekonomian, Jakarta, kemarin.

Dengan evaluasi tersebut, ungkap Budi, tarif batas atas tiket pesawat nantinya akan diturunkan. "Insya Allah (tarif batas atas akan turun)," ucapnya.

Adapun salah satu pertimbangan dalam penurunan tarif batas atas, ungkap Budi, untuk menjaga daya beli masyarakat. Meskipun nantinya ada penurunan tarif batas atas, Budi mengatakan penurunan tersebut masih dalam range yang ekonomis bagi maskapai penerbangan. "Kalian tahu tarif tertinggi sebelum ini Garuda itu paling-paling 60%-70% dari tarif batas atas. Kalau nanti saya turunkan itu 85% atau 90% itu tetap lebih tinggi daripada tarif yang diberlakukan Garuda sebelumnya," tuturnya.

Sementara itu, Dirjen Perhubung-an Udara Kementerian Perhubung-an Polana Pramesti pun menyampaikan bahwa penurunan tarif batas atas diharapkan bisa tereali-sasi sebelum lebaran tiba. "Kita harus bahas. Menurukan (tarif tiket pesawat) tidak bisa sembarangan karena harus ada parameternya atau asumsi yang dibahas bersama menteri BUMN termasuk stakeholder yang lain," ucapnya.

Dalam menanggapi rencana penurunan tarif batas atas itu, Menteri BUMN Rini Soemarno menyampaikan bahwa pihaknya akan mengikuti keputusan yang akan diambil Kementerian Perhubungan sebagai regulator."Kita akan mengikuti. Garuda kan salah satu pelaku usaha di sektor penerbangan. Kita akan mengikuti aturan yang ditetapkan Kementerian Perhubungan," tandasnya. (Nur/E-2)

Baca Juga

Thinkstock

Kopi Indonesia Berpotensi Raih Transaksi US$10 Ribu di LA

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 13 April 2021, 20:11 WIB
Acara ini diselenggarakan Kementerian Perdagangan melalui Indonesian Trade Promotion Center Los Angeles (ITPC...
AFP/Ina Fassbender

Harga Bitcoin Kembali Melambung Jadi Rp919 Juta     

👤Insi Nantika Jelita 🕔Selasa 13 April 2021, 19:52 WIB
Mata uang cryptocurrency atau kripto yang terdaftar di Bursa AS, Nasdaq, dianggap sebagai kemenangan penting bagi pendukung mata uang...
DOK BFI Finance

Adaptasi Di Era Digital Jadi Keharusan

👤Widhoroso 🕔Selasa 13 April 2021, 19:51 WIB
REVOLUSI Industri 4.0 merupakan siklus proses produksi dengan teknologi dan konektivitas menjadi titik pijak...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Salah Kaprah Salurkan Energi

Kenakalan remaja pada masa lalu hingga masa kini masih ada, bahkan semakin meninggi. Itu terjadi karena remaja sering kali mementingkan solidaritas grup.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya