Selasa 22 November 2022, 06:35 WIB

Permainan Sepak Bola Ternyata sudah ada di Yunani sejak Abad ke-4 SM

Devi Harahap | Weekend
Permainan Sepak Bola Ternyata sudah ada di Yunani sejak Abad ke-4 SM

Credit: Public Domain/Greekreporter
Relief di Museum Arkeologi Nasional di Athena, Yunani, menggambarkan seorang pemuda setempat sedang berlatih sepak bola

 

Sebuah relief yang dipamerkan di Museum Arkeologi Nasional di Athena, Yunani, menggambarkan seorang pemuda setempat sedang berlatih sepak bola dengan gerakan menahan sebuah bola di bagian pahanya. Tepat di hadapannya, berdiri seorang anak kecil, seolah bercerita bagaimana pemuda itu memperlihatkan kemampuannya dalam mengendalikan dan mengolah bola di depan anaknya.

Menurut para arkeolog, penggambaran sosok yang bermain bola itu sudah ada sejak kuartal ketiga abad ke-4 SM (400-375 SM). Relief itu merupakan gambaran paling primitif mengenai olahraga sepak bola yang berusia setidaknya 2.400 tahun dan sangat mungkin mengungkap asal mula sepak bola berasal dari Yunani kuno.

Dikutip dari Greekreporter, Senin (21/11), permainan sepak bola pada zaman Yunani kuno disebut Episkyros. Permainan ini serupa dengan permainan sepak bola modern yang dimainkan antara dua tim yang biasanya terdiri terdiri dari 12 sampai 14 pemain dengan satu bola.

Jika permainan bola saat ini dilarang menggunakan tangan, berbeda dengan permainan Episkyros kala itu yang memperbolehkan penggunaan tangan. Tujuannya adalah untuk melempar bola melewati kepala tim lawan. Kemudian ada garis putih yang disebut skyros antara tim dan garis putih lain di belakang masing-masing tim.

Permainan sepak bola Yunani Kuno ini pernah dimainkan selama festival peringatan ulang tahun kota Sparta. Ada 5 tim yang masing-masing terdiri dari 14 pemain yang menjadi peserta untuk menjadi juara. Dalam permainan, bola akan sering berpindah sisi sampai satu tim dipaksa berada di belakang garis di ujungnya.

Waktu dan kepemimpinan di Yunani Kuno terus berganti, Kemudian, bangsa Romawi mengambil alih Episkyros dan mengganti namanya serta mengubahnya menjadi harpastum, yakni sebuah nama latinisasi dari bahasa Yunani harpaston yang berarti 'merebut' (bola).

Sayangnya, kejak Episkyros, sepak bola Yunani Kuno, terus tergerus zaman dan hilang selama berabad-abad saat pergantian kekuasaan di Eropa bergeser dan adanya perubahan hidup masyarakat.

Meskipun demikian, eksistensi olahraga kuno itu sekarang masih telah diubah menjadi versi lebih modern yang kita kenal sebagai sepak bola juga beradaptasi menyesuaikan standar dan era yang selalu berubah dan hingga kini menjadi industri yang besar dan menjadi hiburan favorit untuk berbagai kalangan.(M-3)

 

Baca Juga

Dok. newscientist.com/ Ella Maru-University of Tel Aviv

Metode Memanggang Sudah Ada Sejak 780 Ribu Tahun Lalu

👤Devi Harahap 🕔Selasa 29 November 2022, 14:16 WIB
Temuan sisa-sisa gigi ikan mas purba menunjukkan kemungkinan manusia telah mengenal metode memasak sejak 780 ribu tahun...
Dok. Sciencealert.com

Seperti Apa Bentuk Dinosaurus Saat Ini Jika Tidak Mengalami Kepunahan?

👤Devi Harahap 🕔Selasa 29 November 2022, 14:01 WIB
Dinosaurus akan menjadi salah satu spesies paling berkuasa di bumi jika tidak...
Unsplash/ Jakub Kapusnak

Ini Alasan Telur Tidak Pelu Dicuci

👤Nike Amelia Sari 🕔Selasa 29 November 2022, 06:05 WIB
Penucian telur justru dapat mendorong bakteri yang ada pada cangkang masuk ke dalam...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya