Senin 01 Agustus 2022, 23:32 WIB

Ini Tanda-Tanda Pasangan Kamu Belum Siap Berkomitmen

Nike Amelia Sari | Weekend
Ini Tanda-Tanda Pasangan Kamu Belum Siap Berkomitmen

Unsplash/Vows on the Move
Menurut ahli, ada beberapa tanda dari sikap seseorang yang belum yakin untuk menjalani hubungan serius.

 

 

Memutuskan untuk memasuki hubungan yang serius bisa terasa rumit, terutama karena bagi setiap orang, hubungan bisa bergerak dengan kecepatan berbeda. 

Menurut ahli, ada beberapa tanda dari sikap seseorang yang belum yakin untuk menjalani hubungan serius. Jika Anda mencari relasi yang serius dan berkomitmen jangka panjang, ada baiknya Anda dapat mengenali tanda-tanda tersebut. Berikut  Berikut beberapa tanda yang bisa Anda perhatikan dari pasangan Anda, seperti dikutip dari situs Best Life.

1. "Kamu terlalu baik untukku"
Kalimat ini bisa dikatakan oleh pasangan sebagai bentuk manipulasi. "Orang-orang menggunakan kalimat 'Saya tidak layak untukmu' ketika mereka ingin membuat Anda merasa baik tentang diri Anda sendiri," kata Tatyana Dyachenko, psikolog dan terapis seks di Peaches and Screams.  

"Itu adalah taktik yang mereka gunakan untuk (memanipulasi) Anda. Jika mereka melakukan sesuatu yang buruk, seperti berselingkuh, mereka dapat berkata, 'Yah, aku memang sudah memperingatkanmu'," lanjutnya.

2. Tidak jelas tentang rencana masa depan.
Jika seseorang tidak melihat masa depan jangka panjang dengan Anda, mereka mungkin ragu untuk menjalin hubungan yang serius selama beberapa bulan dari sekarang.  Fenomena ini juga berlaku dengan rencana jangka pendek.  "Itu bisa terlihat seperti seseorang yang berkata, 'Ya, kedengarannya bagus,' tetapi tidak menindaklanjuti dengan 'mari kita rencanakan ini untuk Sabtu depan,'" kata Lauren Ogren, MFT, PsyD, psikoterapis berlisensi di Marin County, California.  

Spesifik berarti minat, dan minat berarti Anda adalah prioritas dan orang ini memberi ruang bagi Anda dalam hidup mereka.

3. Tidak konsisten
Pengalaman menjalin hubungan yang tidak konsisten bisa dilihat dari keseharian Anda bersama pasangan.  "Suatu hari mereka akan menghabiskan tiga jam di telepon dengan Anda menjadi rentan dan terbuka, dan berikutnya, mereka tertutup, santai, dan tidak mau berbicara tentang diri mereka sendiri," kata Holly Schiff, PsyD, klinis berlisensi,  psikolog di Greenwich, Connecticut.

Masalah ini juga dapat berupa membuat banyak rencana dalam satu minggu dan tidak ada sama sekali di minggu berikutnya.  Orang itu bahkan bisa mengabaikannya dengan alasan "Aku sibuk".  Sayangnya, apa pun alasannya, tidak konsisten tetap berarti mereka belum siap untuk berkomitmen pada hubungan yang serius.  Jika mereka siap atau cukup peduli dengan perasaan Anda, mereka akan mengomunikasikan dengan Anda apa yang dapat Anda harapkan dari mereka.

4. Minim waktu bersama
Ini merupakan sebuah situasi yang sulit.  Tetapi, hal ini terkadang dapat diabaikan dengan mengatakan pada diri sendiri bahwa orang tersebut sedang sibuk.  Namun, Paul DePompo, PsyD, ABPP, seorang psikolog klinis dan direktur Institut Terapi Perilaku Kognitif California Selatan mencatat bahwa orang sibuk meluangkan waktu untuk apa yang mereka hargai ketika mereka termotivasi untuk melakukannya. Jika Anda tidak merasa seperti prioritas di antara kesibukan mereka, kemungkinan besar Anda tidak cukup berharga untuk mereka.

5. Mereka bilang mereka perlu menemukan diri mereka sendiri.
Jika seseorang mengatakan bahwa mereka masih perlu menemukan diri mereka sendiri, kemungkinan besar mereka belum siap untuk menetap.  "Terkadang, kita bisa bingung dengan gagasan bahwa calon pasangan kita ingin menemukan diri mereka sebagai pemikiran yang berkembang, yang dapat dilihat sebagai kualitas menarik dari seseorang yang ingin mengenal diri mereka lebih dalam," kata Ogren.  "Tapi sering kali, ini adalah sinyal bahwa orang ini tidak berada di tempat untuk membuat komitmen jangka panjang atau membuat rencana jangka panjang," lanjutnya.

6. Lebih banyak menghabiskan acara berkelompok.
Jika Anda bersama pasangan kerap menghabisakan waktu bersama dalam acara berkelompok, pesta, dan lain sebagainya, itu bisa menandakan bahwa pasangan Anda tidak berada dalam ruang untuk hubungan jangka panjang yang berkomitmen secara emosional.  "Kita dapat melihat ini melalui menghindari situasi tipe intim seperti perjalanan jauh bersama, memasak makan malam bersama, atau melakukan aktivitas 'hanya kalian berdua' yang mungkin biasa tetapi memungkinkan koneksi," kata Ogren.

Tanda ini bisa mudah dilewatkan karena Anda mungkin menganggap kekasih Anda hanya senang memperkenalkan Anda ke grup sosial mereka, kata Ogren.  "Namun, untuk memiliki hubungan yang kuat dan sehat, kita juga perlu mengenal pasangab dan ingin mereka mengenal kita, pada tingkat yang lebih intim," catatnya.  Itu berarti memiliki percakapan dan pengalaman mendalam dalam suasana satu lawan satu. (M-2)

 

Baca Juga

Foto: Dok Medcom.id/Podomoro Park

Inilah Syarat yang Harus Dimiliki Rumah Tumbuh

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 15:52 WIB
Kriteria utama rumah tumbuh yakni memiliki sisa lahan yang bisa dibangun baik secara horizontal maupun...
MI/FRANSISCO CAROLIO HUTAMA GANI.

Jajang C Noer Kembali ke Atas Panggung Lewat Pentas Under The Volcano

👤Fathurrozak 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 15:48 WIB
Pertunjukan Under The Volcano terinspirasi dari Syair Lampung Karam karya Muhammad Saleh yang ditulis pada...
AFP

Rentan Diretas, Pengguna Apple Wajib Segera Update iOS

👤Putri Rosmalia 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 13:35 WIB
Untuk menghindari potensi kerugian, Apple meminta agar pembaruan dilakukan dengan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya