Selasa 26 April 2022, 22:28 WIB

NASA Konfirmasi Dua Gempa Besar di Planet Mars

Devi Harahap | Weekend
NASA Konfirmasi Dua Gempa Besar di Planet Mars

AFP PHOTO / NASA/JPL-Caltech/MSSS
Perseverance, kendaraan penjelajah di PPanet Mars milik NASA

 

Kendaraan penjelajah milik Badan Antariksa Amerika (NASA), InSight Mars mungkin tidak begitu dikenal seperti penjelajah (rover) Perseverance dan Curiosity. Akan tetapi, para penjelajah itu berperan penting dalam memahami lebih banyak tentang interior Mars dan bagaimana planet ini diguncang oleh gempa.

Saat ini, para peneliti telah mengidentifikasi dua gempa terbesar yang pernah terjadi di planet merah tersebut. Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal The Seismic Record, menjelaskan bagaimana dua gempa di Mars terdeteksi dari data InSight. Gempa pertama terjadi pada 25 Agustus 2021 dan yang kedua tak lama setelahnya pada 18 September 2021.

Kedua peristiwa ini signifikan karena sejumlah alasan. Pertama, peristiwa itu adalah gempa Mars terbesar yang terdeteksi hingga saat ini. Kedua, gempa terjadi di kejauhan sisi Mars dari InSight, sementara sebagian besar gempa Mars yang terdeteksi berasal lebih dekat ke kendaraan pendarat/penjelajah, seperti dilansir dari Digital Trends, Senin (25/4).

Gempa yang terjadi pada Agustus, yang disebut S0976a, berkekuatan 4,2, SR sedangkan gempa September, disebut S1000a, berkekuatan 4,1 SR. Kekuatan itu membuat mereka lima kali lebih kuat dari gempa di Mars yang terdeteksi sebelumnya.

Gempa pertama berlangsung dalam periode khas beberapa detik, tetapi gempa kedua berlangsung lama, tercatat total 94 menit. Hal itu menjadikannya peristiwa gempa terlama yang tercatat sejauh ini. Kejadian itu juga memiliki frekuensi yang luar biasa luas, yang berarti energinya menyebar di seluruh frekuensi dari 0,1Hz hingga 5Hz.

“Tidak hanya menjadi peristiwa terbesar dan terjauh dengan margin yang cukup besar, S1000a memiliki spektrum dan durasi tidak seperti peristiwa lain yang diamati sebelumnya,” kata pemimpin peneliti Anna Horleston dalam sebuah pernyataan.

Gempa pertama sangat menarik karena ditemukan berasal dari jaringan ngarai Valles Marineris. Para peneliti sebelumnya telah memperkirakan akan ada aktivitas seismik di wilayah ini, tetapi ini pertama kalinya mereka benar-benar menemukannya di sana. Sebaliknya, sebagian besar gempa Mars yang terdeteksi hingga saat ini berasal dari wilayah Cerberus Fossae. (M-4)

Baca Juga

MI/HO

Kolaborasi Timex dan ORBITGear Hadirkan Jam Tangan Totem

👤Basuki Eka Purnama 🕔Minggu 22 Mei 2022, 08:45 WIB
Kolaborasi ini menghadirkan jam tangan bergaya militeristik, teknikal, fungsional, multifungsi, dan mampu beradaptasi  dalam kondisi...
MI

Sudoku edisi 22 Mei 2022

👤MI 🕔Minggu 22 Mei 2022, 06:10 WIB
SUDOKU atau dikenal juga dengan tebak angka (number...
MI/Tiyok

Jon Bodo: Baju Baru

👤M. Tiyok 🕔Minggu 22 Mei 2022, 05:55 WIB
WUIH...baju baru ya...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya