Jumat 18 Maret 2022, 10:03 WIB

Ini Cara Memilih Buah Dan Sayuran Yang Tepat Agar Tidak Cepat Busuk

Nike Amelia Sari | Weekend
Ini Cara Memilih Buah Dan Sayuran Yang Tepat Agar Tidak Cepat Busuk

123RF/Elenathewise
Membeli buah dan sayur pada para petani secara langsung jika memungkinkan. Lalu, belilah produk dalam bentuk paling utuh ketimbang potongan.

 

Banyak dari kita yang mengeluhkan buah dan sayur yang belum lama dibeli tetapi sudah busuk setelah beberapa hari di rumah. Namun, sebenarnya ada kiatnya dalam memilih produk buah dan sayur yang segar.

Menurut ahli gizi terdaftar Tamar Samuels, penting untuk menyesuaikan indra saat memilih produk. "Lihat, ambil dan cium baunya. Pastikan produk bebas dari noda, tidak berbau busuk, kulitnya utuh dan kencang," katanya.

Label organik juga bisa menjadi indikasi kesegaran buah dan sayuran. "Produk organik biasanya lebih mahal, (karena) itu tumbuh lebih alami daripada produk non-organik. Jika Anda mampu, prioritaskan membeli produk organik untuk memastikan kualitas tinggi," saran Samuels.

Selain itu, dia juga menyarankan untuk membeli buah dan sayur pada para petani secara langsung jika memungkinkan. Lalu, belilah produk dalam bentuk paling utuh. "Cobalah untuk membeli produk dalam bentuknya yang paling utuh ketimbang potongan. Misalnya, beli kepala brokoli daripada kuntum brokoli yang sudah dipotong sebelumnya," jelasnya.

Lalu, bagaimana cara tepat memilih buah dan sayur yang akan tahan lama? Melansir dari huffpost.com, Senin (14/3), berikut beberapa indikator yang bisa dilihat dan dirasakan saat membeli produk sayur dan buah.

1. Selada
Saat berbelanja selada, DJ Blatner, ahli diet terdaftar dan ahli gizi untuk Daily Harvest, menyarankan untuk mencari daun yang keras dan renyah, dan jika Anda ingin sayuran kemasan, carilah yang lembut dan segar. Dia mengatakan untuk menghindari daun yang terlihat tidak segar atau layu dan sayur kemasan. "Hindari yang memiliki kelembapan berlebih,” ujarnya.

2. Bayam
Saat berbelanja bayam, Blatner kembali menyarankan untuk mencari daun yang lembut dan halus. “Untuk bayam, Anda harus selalu menghindari daun layu, dan untuk bayam kemasan, hindari yang memiliki kelembapan berlebih atau memiliki butiran air atau rusak di bagian bawah kantong,” sarannya.

3. Alpukat
Samuels menyarankan untuk memastikan alpukat terasa keras saat disentuh dan tanpa bintik-bintik cekung dan lembek. “Mereka juga tidak boleh bergetar saat diguncang. Alpukat terbaik adalah yang tidak terlalu hijau, tetapi juga tidak terlalu cokelat. Trik yang baik adalah dengan mencabut batang alpukat. Jika bagian dalamnya terlihat seperti hijau cerah, itu adalah alpukat yang baik. Jika berjamur atau putih, alpukatnya sudah busuk," paparnya.

4. Jamur
Menurut Kylene Bogden, ahli diet olahraga bersertifikat dan salah satu pendiri FWDfuel, situs kesehatan, mengatakan bahwa jamur bagus dan segar jika jamur tersebut montok dan kenyal, dan indikator jamur yang tidak akan bertahan lama jika berlendir dan memiliki bintik-bintik coklat tua atau sedikit keriput.

5. Apel
Indikator apel yang masih segar ialah apel yang memiliki warna cerah dan keras saat disentuh, kata Bogden. Jika lebih lembut dan memiliki bintik-bintik cokelat, apel tidak akan bertahan lebih lama.

6. Pisang
Pisang seperti alpukat dalam arti akan terus matang setelah Anda membelinya. “Jika Anda berencana untuk menyimpan pisang sepanjang minggu, Anda dapat membeli pisang yang sebagian besar berwarna kuning dengan beberapa yang hijau,” kata Samuels. “Seiring berjalannya minggu, mereka akan terus menguning, mulai berbintik-bintik coklat, dan rasanya manis nikmat. Untuk makan pisang segar, hindari membeli yang sudah matang dan memiliki bintik-bintik coklat," lanjutnya.

7. Bluberi
Mearaph Barnes, ahli diet terdaftar dan mitra nutrisi Daily Harvest, mengatakan bahwa blueberry segar ketika berwarna biru dan keras. Tidak akan bertahan lama jika berwarna gelap dan keriput. “Hindari membeli blueberry yang terlihat lembab atau menunjukkan kelembapan di dalam kemasan karena ini kemungkinan mulai membusuk dan tidak akan bertahan lama,” tambah Samuels.

8. Stroberi
Untuk stroberi, hindari membeli stroberi dengan bagian putih atau hijau, karena ini berarti mereka dipetik terlalu dini, kata Samuels. "Karena stroberi tidak terus matang, stroberi yang belum matang ini akan terasa pahit. Hindari membeli stroberi yang terlihat lembab atau menunjukkan kelembapan di dalam kemasan karena kemungkinan akan mulai membusuk dan tidak akan bertahan lama," paparnya.

9. Raspberry
Jika raspberry keras saat disentuh dan berwarna merah cerah, ini bisa bertahan lama. Tetapi jika sebaliknya seperti saat Anda memberikan sentuhan ringan namun berubah menjadi tekstur bubur yang sedikit berair, itu tidak akan bertahan lama, ujar Bogden. (M-2)

Baca Juga

Dok Prost Fest 2022

Prost Fest 2022 di Bali Bakal Tampilkan Puluhan Musisi Kenamaan

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 30 Juni 2022, 15:02 WIB
Prost Fest 2022 bukan hanya menjadi hiburan semata, tapi juga mengedepankan para local heroes ke pentas Nasional hingga bisa...
Instagram @mangkokku_id

Gandeng Tasyi Atasyia, Mangkokku Hadirkan Rice Bowl Baru

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 30 Juni 2022, 12:15 WIB
"Menu kolaborasi dengan Tasyi Atasyia ini adalah menu seasonal (musiman). Nanti dua bulan kemudian akan ada lagi menu kolaborasi baru...
Dok. Titimangsa

Senandung Revolusi Ismail Marzuki

👤Fathurrozak 🕔Kamis 30 Juni 2022, 12:05 WIB
Pentas monolog ini berlangsung di Teater Kecil Taman Ismail Marzuki, Rabu-Kamis, 29-30 Juni pukul 20.00 WIB dengan penonton...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya