Rabu 15 Desember 2021, 07:00 WIB

Spesies Baru Dinosaurus Berekor Kapak Ditemukan

Galih Agus Saputra | Weekend
Spesies Baru Dinosaurus Berekor Kapak Ditemukan

AFP
infografis penemuan spesies baru Dinosaurus di Cile

 

Sekelompok ilmuwan dari University of Chile baru-baru ini telah berhasil menemukan fosil spesies baru dinosaurus jenis Ankylosaurus.

Hasil penelitian itu mereka terbitkan di jurnal Nature belum lama ini. Para ilmuwan menjelaskan bahwa dinosaurus yang mereka temukan kali ini memiliki bentuk ekor yang unik seperti kapak suku Aztec.

Ankylosaur sendiri selama ini memang telah dikenal sebagai keluarga dinosaurus dengan struktur tubuhnya yang menarik karena memiliki pelindung punggung seperti tank. Akan tetapi dinosaurus dengan ciri ekor kapak seperti itu belum pernah diketahui sebelumnya.. Oleh karena itu kemudian mereka beri nama stegouros elengassen.

"Ini sebenarnya adalah kekurangan bagi ciri yang selama ini kita harapkan dari ankylosaur. Sama sekali berbeda dan menunjukkan ada sesuatu yang sangat istimewa terjadi di sini, di Amerika Selatan,” kata sang ilmuwan, Alexander Vargas, sebagaimana dilansir dari The New York Times, Selasa, (14/12).

Menurut Vargas, ankylosaurs adalah spesies dinosaurus yang berkeliaran dalam jumlah besar di Laurasi, superbenua utara yang dulunya ialah gabungan antara Amerika Utara dan Asia. Spesies ini tergolong sebagai keluarga yang menonjol, namun kerap memisahkan diri dari kawanan lainnya, lebih tepatnya di periode pertengahan Jurassic antara 201 juta hingga 145 juta tahun silam.

Kerabat ankylosaurs umumnya mengembangkan kulit yang ditutupi dengan timbunan tulang punggung yang disebut osteoderm. Sayangya, kerabat mereka dari benua selatan Gondwana, yang sekarang menjadi Amerika Selatan dan Antartika kurang dipelajari dengan baik. Oleh karena itu pula kelompok ini diyakini sebagai kelompok keturunan paling awal, dimana asal-usul dan evolusi mereka diyakini sebagai misteri abadi.

Namun, apa yang mereka temukan dalam upaya kali ini dianggap sepadan karena kelengkapan kerangka ankylosaur mencapai 80%. Bagian yang ditemukan meliputi tulang belakang, bahu, kaki depan, dan potongan tengkorak.

Menurut Vargas, spesies ini semasa hidup memiliki panjang sekitar enam kaki, dengan kepala besar yang proposional, serta anggota badan yang ramping dan ekor pendek. Victoria Arbour, Paleontolog Museum Royal British Columbia Kanada mengatakan bahwa ekor spesies ini mirip struktur kadal armadillo raksasa yang kini telah punah

“Ini adalah contoh lain yang menarik dari evolusi senjata ekor bertulang, yang hanya berevolusi beberapa kali tetapi tampaknya telah berevolusi beberapa kali pada ankylosaurs,” katanya. (M-4)

Baca Juga

PT. Map Boga Adiperkasa

Cita Rasa Nusa Tenggara Timur Beef Se’i Sambal Luat Hadir di Subway

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 07 Agustus 2022, 07:00 WIB
Subway Memperkenalkan Menu Beef Se’i Sambal Luat untuk Memperingati Kemerdekaan...
MI

Sudoku edisi 7 Agustus 2022

👤MI 🕔Minggu 07 Agustus 2022, 06:10 WIB
SUDOKU atau dikenal juga dengan tebak angka (number...
MI/Tiyok

Jon Bodo:  Belum Merdeka

👤M. Tiyok 🕔Minggu 07 Agustus 2022, 05:55 WIB
KENAPA kamu Nen lemes banget kaya belum makan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya