Selasa 04 Mei 2021, 21:27 WIB

Paparan Polusi Udara Rusak Otak Lansia

Putri Rosmalia | Weekend
Paparan Polusi Udara Rusak Otak Lansia

123RF/Wantanee Chantasilp
Polusi udara memengaruhi kondisi otak.

Polusi udara tak hanya berdampak jangka panjang menyebabkan penyakit seperti gangguan pernapasan. Paparan polusi udara di kota besar yang semakin sering dihirup oleh manusia ternyata juga berisiko merusak otak lansia.

Hal itu diketahui dari studi yang dipublikasikan pada laman penelitian kesehatan Nature Aging pada April 2021. Gabungan peneliti dari Amerika Serikat dan Tiongkok menghimpun hasil tes kognitif dari sebanyak seribu orang yang hidup di pusat kota Boston. 

Seluruh responden merupakan lansia berusia di atas 65 tahun. Mereka sebagian tinggal di area yang mengalami polusi udara dengan keberadaan PM2,5 atau partikel udara yang memiliki lebar sekitar 2 sampai 1,5 mikron yang tinggi. Ukurannya 30 kali lebih kecil dibanding lebar rambut manusia. Itu merupakan salah satu partikel udara penyebab polusi yang paling membahayakan bagi kesehatan manusia.

Hasilnya, lansia yang tinggal di area dengan tingkat polusi tinggi memiliki kemampuan kognitif yang lebih rendah. Mulai dari kemampuan mengingat angka yang rendah, kemampuan mengingat arah yang rendah, hingga kemampuan bicara yang juga rendah. 

Dampak itu sudah akan bisa dialami lansia apabila mereka mengalami paparan polusi dalam jangka pendek, setidaknya empat minggu berturut-turut. 

“Penemuan ini sangat mengkhawatirkan. Apalagi studi juga dari studi itu diketahui tak perlu waktu panjang dan tingkat polusi sangat tinggi untuk membuat seorang lansia mendapatkan dampak buruk polusi udara pada otaknya,” ujar Kepala Biological Neuropsychiatry and Dementia Research, Monash University, seperti dilansir theguardian.com, Selasa (4/5).  (M-2) 

Baca Juga

123RF

Cuitan Twitter Kamu Asik? Siap-siap Dapat Tip

👤Putri Rosmalia 🕔Sabtu 08 Mei 2021, 17:16 WIB
Twitter merilis fitur baru, Tip Jar, yang memungkinkan seseorang mendapat tip dari pengguna Twitter berkat...
Instagram sevensummitttreks

Super! Ini dia Pendaki yang Puncaki Everest 25 Kali

👤Irana 🕔Sabtu 08 Mei 2021, 09:57 WIB
Ia mengawali kariernya sebagai asisten juru masak di basecamp...
DOK The Original Gelato

Rasa Original Es Krim Gelato Ada di Yogyakarta

👤Ardi Teristi Hardi 🕔Sabtu 08 Mei 2021, 06:45 WIB
Salah satu merek es krim Gelato baru yang patut menjadi pilihan ketika berkunjung ke Yogyakarta adalah The Original Gelato yang resepnya...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Kualitas Kompetisi Harus Ditingkatkan

Regulasi yang dibuat operator dan regulator harus bisa meningkatkan standar liga dan klub

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya