Selasa 20 April 2021, 13:35 WIB

Ilmuwan Hidupkan Einstein dengan Bantuan AI

Bagus Pradana | Weekend
Ilmuwan Hidupkan Einstein dengan Bantuan AI

digitalhumans.com/Uneeq
Perusahaan AI, Uneeq, membuat Einstein Digital yang dapat berinteraksi dengan pengguna.

FISIKAWAN legendaris Albert Einstein berhasil dihidupkan kembali oleh startup teknologi Uneeq. Tentu saja bukan, sosok aslinya yang dibangkitkan dari kematian melainkan perusahaan asal Selandia Baru itu membuat teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) untuk menampilkan Einstein Digital.

Tersedia di digitalhumans.com, sosok Einstein Digital tampil dengan wajah yang ramah dan nada suara yang lembut, lengkap dengan aksen Jermannya yang kental. Einstein Digital ini juga diprogram dengan selera humor khasnya seperti yang sering diutarakan oleh mendiang Einstein asli.

Lewat platform Manusia Digital ini, orang-orang yang merindukan sosok sang ilmuwan dapat berpartisipasi dengan mengajukan pertanyaan kepada karakter Einstein Digital tentang sains, kehidupan, dan seputar pekerjaannya. Inovasi Manusia Digital Einstein ini diluncurkan bertepatan dengan peringatan 100 tahun penganugrahan Hadiah Nobel Fisika untuk sang ilmuwan.

"Einstein Digital ini adalah contoh AI ekperensial (melibatkan pengalaman nyata), sebuah bentuk evolusi lanjutan dari interaksi manusia-ke-mesin. Dengan memanfaatkan platform manusia digital ini interaksi dari orang-orang kepada teknologi (mesin) AI akhirnya berhasil mewujud dalam interaksi emosional yang bermakna," papar Uneeq dalam sebuah pernyataan pers, seperti dilansir oleh dailymail.co.uk, Senin (19/4).

Uneeq juga menyebutkan tujuan dari dirancangnya platform Manusia Digital ini salah satunya adalah untuk menghibur orang-orang yang selama setahun terakhir belakangan ini mengalami kesepian, atau sedang menjalani isolasi akibat covid-19.

"Kesehatan mental adalah masalah klasik yang terus menerus mengancam masyarakat kita saat ini, di mana COVID-19 telah memperburuk kondisi tersebut secara signifikan," jelas Danny Tomsett, CEO UneeQ dalam keterangan persnya. "Salah satu nilai yang diperjuangkan oleh UneeQ adalah 'Tech for Good ', dan kami terus aktif mencari cara untuk menerapkan solusi inovatif untuk mengatasi masalah tersebut," imbuhnya.

Platform Manusia Digital yang diluncurkan UneeQ ini menambah bergulirnya gelombang revolusi teknologi dunia, para ilmuwan mulai berlomba-lomba mewujudkan teknologi AI yang lebih maju dan kuat, serta banyak perusahaan yang berbasis teknologi kini mulai merilis AI dengan beragam versi.

"Einstein Digital ini, adalah platform manusia digital yang sedang kami kembangkan, platform ini dapat berkomunikasi dengan orang-orang melalui cara yang paling alami - menggunakan percakapan verbal, ekspresi wajah, dan tanggapan emosional- untuk memberikan kualitas interaksi yang terbaik. Kami berharap platform ini dapat memberikan manfaat bagi kehidupan orang-orang selama masa pandemi ini," pungkas Tomsett. (M-1)

Baca Juga

Youtube Duke and Duchess of Cambridge

Rambah YouTube, Video Perdana William & Kate Disimak 1,7 Juta Kali

👤Irana 🕔Kamis 06 Mei 2021, 22:17 WIB
Apakah keluarga Duke dan Duchess Cambridge akan merambah profesi...
MI/Thalatie Yani

Oppie Andaresta Kenang Semasa diculik Bimbim Slank

👤Fathurrozak 🕔Kamis 06 Mei 2021, 21:26 WIB
Keakrabannya dengan genk Slank bermula saat ia melatih adik Bimbim yang satu sekolah...
Instagram Jennifer Gates

Di Masa Sulit, Putri Bill dan Melinda Gates Minta ini di Instagram

👤Nike Amelia Sari 🕔Kamis 06 Mei 2021, 04:22 WIB
Jenn Gates ialah anak sulung pasangan Bill dan Melinda...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Citarum Mulai Harum

  Sudah tiga tahun Sungai Citarum dikeroyok. Sampah mulai berkurang, air terlihat lebih bersih.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya