Rabu 03 Maret 2021, 13:00 WIB

Miliarder ini cari Teman untuk Jalan-jalan ke Bulan, Gratis

Bagus Pradana | Weekend
Miliarder ini cari Teman untuk Jalan-jalan ke Bulan, Gratis

Toshifumi KITAMURA / AFP
Yusaku Maezawa

Miliarder Jepang Yusaku Maezawa sedang mencari delapan awak untuk misi ke bulan. Pengumuman tersebut ia unggah dalam sebuah video berdurasi 6 menit hari ini, Rabu (3/3).

Maezawa akan menyeleksi untuk memilih delapan awak yang akan bergabung dengannya dalam perjalanan mengelilingi bulan pada tahun 2023 dengan roket Starship milik SpaceX.

"Saya mengundang Anda untuk bergabung dengan saya dalam misi ini," ujar Maezawa seperti dilansir dari cnbc.com, Rabu (3/3).

Maezawa telah mengumumkan misi tersebut sejak September 2018 bersama pendiri SpaceX, Elon Musk. Proyek yang kemudian dinamai 'dearMoon' ini akan menerbangkan kurang lebih 10 hingga 12 orang menuju orbit Bulan, dengan delapan kru berasal dari masyarakat biasa yang akan dipilih Maezawa.

Maezawa juga menyatakan dirinya akan membayar seluruh perjalanan tersebut sehingga mereka yang bergabung dengannya akan terbang secara gratis.

Misi DearMoon akan memakan waktu sekitar  tiga hari untuk terbang menuju orbit Bulan, lalu berputar mengitari orbitnya, dan kemudian menghabiskan tiga hari lagi untuk kembali ke Bumi.

Merujuk pada situs resmi DearMoon, prapendaftaran telah hingga 14 Maret yang akan datang. Bagi yang berminat mendaftar, dapat mengklik tombol 'Join the Crew' untuk menuju jendela aplikasi prapendaftaran. Anda akan diminta untuk mengisi nama, negara, alamat email, dan gambar profil.

Proses 'penyaringan awal' dimulai 21 Maret 2021, dengan wawancara dan pemeriksaan kesehatan yang dijadwalkam akan selesai pada akhir Mei.

Terdapat dua kriteria utama yang wajib dipenuhi oleh setiap orang yang mendaftar misi ini,  Pertama, para calon kru harus dapat  berkontribusi bagi kemanusiaan di masa yang akan datang setelah pergi ke luar angkasa. Kedua, para calon astronot juga harus bersedia dan punya kemampuan untuk mendukung awak kapal lain dalam misi tersebut.  Anda berminat? (M-4)

Baca Juga

Rehman Asad / AFP

AS Utus John Kerry ke Tiongkok Bahas Perubahan Iklim

👤Adiyanto 🕔Rabu 14 April 2021, 12:05 WIB
Misi Kerry dilakukan sebagai persiapan untuk KTT iklim virtual yang digagas Presiden Joe Biden yang bakal dihelat pekan...
Yuki IWAMURA / AFP

Jepang Berencana Buang Air Limbah Nuklir Reaktor Fukushima ke Laut

👤Putri Rosmalia 🕔Rabu 14 April 2021, 08:15 WIB
Penolakan terus datang dari berbagai pihak. Mulai dari nelayan lokal, aktivis lingkungan, serta pemerintah...
tangkapan layar google

Google Luncurkan Tiga Fitur Baru di Bulan Ramadan

👤Adiyanto 🕔Rabu 14 April 2021, 07:20 WIB
Dengan Asisten Google, Anda juga dapat diingatkan waktu sahur cukup dengan bicara “bangunin sahur jam 3...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Tajamnya Lancang Kuning di Lapangan

 Polda Riau meluncurkan aplikasi Lancang Kuning untuk menangani kebakaran hutan dan lahan. Berhasil di lapangan, dipuji banyak kalangan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya