Kamis 10 Desember 2020, 13:52 WIB

YCAB dan Indika Foundation Kolaborasi untuk Regenerasi Pebatik

Putri Rosmalia | Weekend
YCAB dan Indika Foundation Kolaborasi untuk Regenerasi Pebatik

Antara//Aji Styawan
Sejumlah peserta belajar membatik di Rumah Belajar Batik usai diresmikan di Kelurahan Tambangan, Mijen, Semarang, Jawa Tengah

 

Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB) Foundation kembali akan menggelar pelatihan membatik bagi masyarakat. Kali ini, event yang bertujuan untuk regenerasi pebatik tersebut akan dilakukan bersama Indika Foubdation.

"Kita akan kerja sama memberi pelatihan pada sekitar 90 orang. Diharapkan mereka bisa memberdayakan dirinya dan lingkungannya lewat batik," ujar Founder dan CEO YCAB Foundation, Veronica, dalam jumpa pers virtual, Kamis, (10/12).

Veronica menjelaskan, nantinya para peserta akan diajari cara-cara menbuat batik. Selain itu meteka juga akan diberikan bekal ilmu berbisnis online.

Sebagai wadah memberdayakan masyarakat dalam membangun bisnis batik yang berkelanjutan dan menciptakan lapangan pekerjaan, YCAB Foundation bersama Indika Foundation meluncurkan Rumah Belajar Batik Semarang. Melalui kolaborasi ini, diharapkan mampu mengurangi pengangguran usia produktif dari kalangan prasejahtera melalui program pelatihan keterampilan vokasi yang holistic dan terintegrasi di Rumah Belajar Batik Semarang.

Rumah Belajar Batik Semarang yang berada di Kelurahan Tambangan juga menjadi tempat dalam memberdayakan masyarakat menjadi Batikpreneur. Setiap tahun lebih dari 120 peserta menerima pelatihan membatik, pendampingan kewirausahaan dan pemasaran secara online sehingga mereka dapat membangun bisnis yang berkelanjutan untuk menciptakan lapangan kerja.

"Kita ingin meningkatkan partisipasi pada pemberdayaan masyarakat Indonesia bukan hanya pada pemenuhan energi. Semoga melalui program bersama YCAB ini peran pemberdayaan masyarakat yang kami lakukan bisa terus berkembang dan maksimal," ujar CEO Indika Foundation, Azis Armand. (M-4)

Baca Juga

manbodyspirit.com

Ketahui Saat Tepat Menjumpai Psikolog untuk Berkonsultasi

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 20 Januari 2022, 12:00 WIB
CEO dan penggagas HatiPlong Farah Djalal menjelaskan bahwa stigma negatif di masyarakat masih mempengaruhi sebagian besar orang untuk pergi...
Unsplash/ NASA

Untuk Pertama Kalinya, Penelitian Arkeologi Dilakukan di Luar Angkasa

👤Galih Agus Saputra 🕔Kamis 20 Januari 2022, 10:00 WIB
Dalam studi ini, Gorman dan Walsh akan berusaha memahami bagaimana manusia berhubungan dengan benda-benda yang ada di luar...
unsplash.com/manja vitolic

Lakukan Cara ini Agar Kucing Peliharaan tidak Merusak Sofa di Rumah

👤Nike Amelia Sari 🕔Kamis 20 Januari 2022, 09:42 WIB
Kucing suka menggaruk setelah tidur siang sehingga Anda bisa menempatkan tiang garukan di area sekitar tempat tidur...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya