Kamis 22 Oktober 2020, 07:20 WIB

Astronot Jalani Isolasi Mandiri Sebelum Kembali Ke Bumi

Bagus Pradana | Weekend
Astronot Jalani Isolasi Mandiri Sebelum Kembali Ke Bumi

Dok. Nasa
(Ilustrasi) Astronot yang akan kembali ke bumi kini menjalani isolasi mandiri selama sebulan.

SETELAH menyelesaikan misinya selama hampir enam bulan, tiga astronot yang tergabung dalam Ekspedisi 63 akan meninggalkan Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) Rabu (20/19).

Mereka adalah Chris Cassidy (dari NASA), Anatoly Ivanishin, serta Ivan Vagner (dari Roscosmos, Rusia) yang telah selama enam bulan ini mengawaki Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) guna melaksanakan serangkaian misi pengamatan luar angkasa, perawatan rutin di stasiun luar angkasa.

Beberapa tugas perbaikan fasilitas di stasiun luar angkasa mereka kerjakan, seperti memasang toilet luar angkasa baru dan mengidentifikasi sumber kebocoran udara yang terjadi di salah satu blok stasiun.Setelah menyelesaikan seluruh misinya, ketiganya melakukan karantina mandiri dalam jangka waktu yang telah ditentukan, agar tidak tertular penyakit dari dalam stasiun. 

Biasanya karantina ini berlangsung selama beberapa minggu sebelum lepas landas ke bumi, tetapi mengingat krisis covid--19, Cassidy dan rekannya memilih untuk mengisolasi diri selama sebulan penuh.

Dalam persiapan peluncuran tersebut, Cassidy mengunggah ke twitternya dua foto yang menampilkan dirinya yang mengenakan masker di stasiun luar angkasa.  "Tertahan di @Space_Station!" cuit Cassidy melalui akun twitternya Selasa (19/10). "Melatih diri untuk realitas baruku saat aku pulang pada hari Rabu," sambungnya.

Ekspedisi 63 lepas landas dari Stasiun Luar Angkasa Internasional dengan pesawat ruang angkasa Rusia, Soyuz MS-16, lepas landas rencananya dilakukan sekitar pukul 19:30 ET (atau pukul 09:30 pagi WIB) pada Rabu (20/10). Kapsul Soyuz MS-16 mendarat di daerah Kazakhstan, pada pukul 23:00 ET (atau setara 08.30 WIB) juga pada Rabu (20/10) ini. (M-1)
 

Baca Juga

Unsplash/Harry Kessell

Ini Dia Tempat Honeymoon Favorit Warga Pinterest

👤MI Weekend 🕔Senin 30 November 2020, 14:21 WIB
Pemilihan ini didasarkan pada foto yang paling banyak disematkan pengguna...
Balenciaga

Label Fesyen ini Rilis Koleksi Anyar via Gim Video

👤Putri Rosmalia 🕔Senin 30 November 2020, 08:00 WIB
Balenciaga tidak ingin kalah inovatif dari...
Antara/Dhemas Reviyanto

Inilah Tujuh Tips Aman Berkebun

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 29 November 2020, 06:30 WIB
Seperti halnya aktivitas lain, bertanam memiliki risiko tertentu bagi kesehatan dan keselamatan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya