Kamis 23 April 2020, 17:30 WIB

Manusia Dikarantina, Sekawanan Flamingo ini Malah Bercinta

Adiyanto | Weekend
Manusia Dikarantina, Sekawanan Flamingo ini Malah Bercinta

ARIS MESSINIS / AFP)
Burung Flamingo

 

PANTAI di pesisir barat Albania itu biasanya ramai dikunjungi turis dan juga sejumlah kapal yang bersandar. Namun, dengan adanya wabah korona, lokasi itu terlihat sepi. Kondisi ini, justru menarik kawanan burung flamingo merah muda Albania dan pelikan keriting, berkumpul di ketenangan laguna.

Menurut otorita Taman Nasional Allbania, populasi burung bersayap merah muda dan hitam itu melonjak hingga sekitar 3000 ekor sejak adanya pandemi covid-19. Sebagian dari burung-burung itu mandi di perairan Narta Lagoon yang berkilau, sebuah situs penting bagi burung-burung yang bermigrasi di Pantai Adriatik.

“Dengan ‘terkurungnya’ manusia di rumah,  satwa liar telah mendapatkan kembali semua hak absolut mereka dan menikmati semua kebebasan alam," kata Nexhip Hysolakoj, kepala kawasan cagar alam setempat kepada AFP, Kamis (23/4)

Dalam beberapa tahun terakhir, telah terjadi urbanisasi yang tidak terkendali seiring  tumbuhnya industri pariwisata di kawasan tersebut. Aktivitas itu mengancam ekosistem di kawasan yang  seharusnya dilindungi.

Sejak diberlalkukan masa karantina/lockdown pada 9 Maret lalu, kini kawasan itu tampak senyap. Tidak banyak aktivitas manusia. Pabrik-pabrik pengolahan kulit dan produsen minyak zaitun, juga ditutup.

Pihak konservasi berharap kondisi ini akan mendorong kawanan burung itu bereproduksi sehingga populasi mereka bertambah. “Dalam tiga minggu ini. Burung-burung itu bergerak sedikit lebih jauh ke laguna dan sekarang memulai ritual pacaran," kata Hysolokaj.

Penulis panduan burung pertama Albania, Mirjan Topi, mengatakan kondisi ini sangat sempurna bagi burung Flamingo untuk mulai bereproduksi di wilayah Balkan. “Burung-burung biasanya melakukan perjalanan selama beberapa tahun di berbagai wilayah Mediterania sampai mereka mencapai kematangan seksual,” katanya.

Menurut data badan pengelola ta,man nasional, kawanan burung yang bermain-main di laguna ini berasal dari Afrika, Italia, Yunani, Spanyol, dan Prancis. "Sudah waktunya untuk bercinta," kata Odise Celoaliaj, seorang pakar lingkungan, saat  mengintip melalui teropong untuk menyaksikan kawanan flamingo tersebut. (M-4)

 

Baca Juga

Youtube.com

Kim Ji-young, Born 1982, Jadi Novel Terlaris Korea di Internasional

👤Fathurrozak 🕔Selasa 18 Januari 2022, 14:30 WIB
Novel yang juga telah diangkat ke film tersebut menjadi novel Korea Selatan paling laris di...
fostersignaturehomes.com

Tips Praktis Memulai Decllutering agar Rumah Rapi dan Nyaman

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 18 Januari 2022, 11:50 WIB
Anda bisa menyisihkan benda-benda yang tidak digunakan untuk membantu keadaan rumah menjadi lebih rapi dan...
Instagram @jiwatoast

Berkolaborasi dengan Lord Adi, Jiwa Toast Luncurkan Dua Menu Baru

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 18 Januari 2022, 11:00 WIB
Dua menu baru tersebut adalah Beef Rendang dan Tuna Lado...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya