Rabu 02 November 2022, 09:30 WIB

Solusi Digital ABB Dorong Pertumbuhan Industri Pulp dan Kertas

Mediaindonesia.com | Teknologi
Solusi Digital ABB Dorong Pertumbuhan Industri Pulp dan Kertas

DOK Pribadi.
ABB menyediakan solusi digital dari hulu ke hilir untuk proses industri.

 

FOKUS utama bagi banyak perusahaan global kini telah beralih. Tak lagi sekadar mengejar volume produksi, mereka mengalihkan fokusnya pada efisiensi dan berkelanjutan. Menangkap peluang ini, penyedia sistem teknologi global terkemuka ABB menyediakan solusi digital dari hulu ke hilir untuk proses industri yang dapat membantu organisasi mengotomatiskan, mengoptimalkan, dan memastikan keberlangsungan usaha mereka di masa depan.

Solusi yang ditawarkan ABB dapat melayani berbagai jenis industri termasuk pulp dan kertas. Perusahaan produsen kertas di Asia Tenggara secara aktif mencari cara untuk merampingkan operasional mereka, mengikuti perubahan industri dan perkembangan teknologi, meningkatkan kendali proses dan strategi otomatisasi, memangkas anggaran yang tidak perlu, meningkatkan hasil dan kualitas produksi kertas.

Bagi industri pulp dan kertas, ABB Ability menawarkan solusi dalam jangka panjang karena kombinasi kuat dari metodologi, analitik data, dan keahlian pakar. Manufacturing Execution System (MES) untuk pulp dan kertas merupakan salah satu solusi andalan ABB Ability. Sistem ini dirancang khusus untuk membantu produsen pulp, kertas, tisu, dan kemasan dalam mencapai kinerja yang unggul dan maksimum di berbagai lini produksi.

Sistem MES berbeda dari sistem yang lebih agnostik, karena dapat disesuaikan untuk mengatasi tantangan produksi khusus pabrik pulp dan kertas.  Ini dapat membantu merampingkan berbagai proses melalui penggunaan bahan dan inventaris yang lebih baik. Cara ini juga mengarahkan perusahaan pada pengurangan biaya produksi dan peningkatan kinerja keberlanjutan, karena lebih sedikit limbah yang dihasilkan.

Contoh kesuksesan baru saja dihasilkan oleh Sappi Limited, perusahaan sumber daya terbarukan global di industri pulp dan kertas. Sappi memanfaatkan ABB Ability MES untuk membantu transformasi digital seluruh armada produksinya dan menjadi ujung tombak peningkatan Overall Equipment Efficiency (OEE) melalui produksi, perencanaan, dan pelaksanaan yang telah dioptimalkan.

Solusi ABB Ability lain bagi pabrik yaitu penyediaan informasi ringkas yang diperlukan untuk pengambilan keputusan yang lebih cepat dan lebih baik. Solusi kunci untuk pabrik kertas yakni Sheet Break Performance yang secara otomatis mengkurasi, menghitung, dan mengontekstualisasikan titik data untuk membantu menganalisis, mencegah, dan menghindari kemungkinan penyebab kerusakan lembaran (sheet break).

Salah satu klien ABB pertama di Indonesia yang memanfaatkan Sheet Break Performance ialah PT Pabrik Riau Andalan Kertas (RAK), bagian dari Asia Pacific Resources International Limited. Sebelumnya, pabrik RAK mengalami banyak kerusakan lembaran kertas (sheet break) dan ingin memahami penyebabnya. ABB lalu memulai dengan penyetelan kontrol level dasar sebelum menambahkan Sheet Break Performance. Hal ini akhirnya berkontribusi pada ambisi pabrik untuk melakukan transformasi digital sekaligus mendiagnosis sheet break secara akurat.

Contoh lain pemanfaatan data untuk membuat keputusan yang lebih tepat yaitu peluncuran ABB Ability TM Strength Virtual Measurement (SVM). Sistem ini dibuat berdasarkan kombinasi proses online dan/atau offline yang tersedia dan pengukuran produk untuk memberikan visibilitas ke area kinerja dan proses yang meningkat. Fitur ini memberikan solusi berupa panduan pada produsen kertas, cara untuk mengoptimalkan kekuatan produk serta biaya produksinya, dengan mengukur kekuatan lembaran kertas yang telah dianalisa secara real-time. Hal ini membantu mengoptimalkan proses saat kertas sedang dibuat tanpa harus menunggu pengujian laboratorium untuk mengonfirmasi kekuatan kertas.

"Seperti yang kami tunjukkan pada RAK. Kolaborasi otomatisasi menggunakan data dan analitik canggih berskala besar, ditambah dengan konektivitas jarak jauh dan efisiensi untuk diagnostik yang lebih cepat, membantu keberhasilan pelanggan kami untuk terus tumbuh dan kian kompetitif," ujar WeiMing Liew, Lead Pulp and Paper Industry, ABB.  

Advance Process Control (APC) ABB, yang terintegrasi dengan mulus ke dalam sistem kontrol terdistribusi ABB Ability System 800xA, secara otomatis menyesuaikan model berdasarkan perubahan proses (seperti, fitur Economic Optimizer yang dapat mengoptimalkan biaya operasional dalam proses sambil terus memantau proses yang sedang berjalan. Klien ABB yang berbasis di India, Andhra Paper, mengintegrasikan solusi ABB OPT800 Lime APC ke dalam Sistem 800xA yang ada untuk membantu mengoptimalkan produksi tanur kapur (lime kiln). OPT800 Lime memungkinkan kontrol yang lebih ketat terhadap proses produksi kapur, dengan memprediksi secara akurat interaksi variabel proses dan membuat adaptasi waktu nyata untuk perubahannya. Hal ini menghasilkan operasi pabrik pulp yang lancar, stabil dan kualitas kapur yang seragam, sekaligus mengurangi konsumsi energi dan emisi. (RO/OL-14)

Baca Juga

Dok ist

Fight for Access Accelerator Berdayakan Startup Bidang Kesehatan Karya Perempuan

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 30 November 2022, 21:16 WIB
Program Fight for Access Accelerator di Indonesia difokuskan untuk mencari para pembuat startup karya perempuan khusus untuk layanan dan...
Dok. IndoTelko

Hadapi Resesi Global 2023, Industri Telekomunikasi Perlu Kolaborasi dalam Ekosistem Digital

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 30 November 2022, 20:07 WIB
Krisis ekonomi global diprediksi masih akan ada pada 2023, Meski demikian, industri  telekomunikasi di Indonesia dinilai masih bisa...
DOK Pribadi.

PHK Ancam Start-up, IndoSterling Technomedia Tetap Optimistis 

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 30 November 2022, 18:44 WIB
Ia mengaku salah satu kekuatan yang membuat TECH tetap berjalan karena produk bussiness to bussiness (B2B) menjadi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya