Selasa 16 Agustus 2022, 20:06 WIB

Pemasaran Melalui TikTok Makin Diminati, Ini yang Harus Diperhatikan

Mediaindonesia.com | Teknologi
Pemasaran Melalui TikTok Makin Diminati, Ini yang Harus Diperhatikan

AFP/Lloic Venance
ilustrasi aplikasi TikTok

 

PEMASARAN digital semakin berkembang dengan hadirnya banyak platform, termausuk media sosial. Salah satu media sosial yang saat ini banyak digunakan ialah TikTok.

Wakil Ketua Umum Siberkreasi Mira Sahid mengatakan, ada tiga cara melakukan pemasaran melalui Tiktok: Pertama, kenali dengan baik model pemasaran di Tiktok. Kedua, buat konten yang relevan. 

"Dan terakhir lakukan kolaborasi dengan kreator atau influencer lainnya”, papar Mira dalam webinar bertajuk Konsep Bisnis Digital : Pemasaran Melalui TikTok yang digelar Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi.

Relawan Mafindo Jakarta Sukma Nurjagat menambahkan, tiga hal yang perlu diperhatikan saat melakukan pemasaran melalui Tiktok: Pertama, melarang hoaks, hate speech. 

"Kedua, pelanggaran hak cipta dan merek dagang. Terakhir, jangan membuat konten spam”, ujar Sukma Nurjagat.

Program Director Next Generation Indonesia Fikri Andhika mengungkapkan, saat ini penipuan digital dilaporkan banyak terjadi karena semakin masifnya aktivitas belanja dan bertransaksi secara daring. 

Baca juga : Investasi Online yang Aman? Simak Tips Berikut Ini

Ia membagikan tiga tips aman dan nyaman melakukan pemasaran secara online. Pertama, perhatikan rating produk yang ingin dibeli. Kedua, pastikan jumlah viewers tinggi pada toko. 

"Dan terakhir pilih pembayaran dengan sistem COD”, papar Fikri Andhika.

Webinar itu merupakan bagian dari program Indonesia Makin Cakap Digital yang diinisiasi Kemenkominfo pada 2021 untuk meningkatkan literasi digital masyarakat Indonesia.  

Berdasarkan survei Nasional Kemenenkominfo dan Katadata pada 2021, tingkat literasi digital masyarakat Indonesia berada pada angka 3,49 dari skala 5 atau masih kategori sedang belum mencapai kategori baik. 

Program Cakap Digital yang fokus pada 4 pilar digital, yaitu Kecakapan Digital, Etika Digital, Keamanan Digital, dan Budaya Digital pun diluncurkan dan menargetkan peringkat literasi divital Indonesia meningkat.  

"Pada tahun 2022 akan diberikan pelatihan literasi digital kepada 5,5 juta masyarakat. Kinerja literasi digital pun mulai menunjukkan peningkatan dari segi kualitas. Peluang kecakapan digital tersebut perlu dimanfaatkan secara optimal, mengingat kita memiliki potensi sumber daya manusia yang besar”, ujar Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G. Plate. (RO/OL-7) 

Baca Juga

Freepik.com

Waspada! Jejak Digital Bisa Jadi Pintu Masuk Kejahatan Siber

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 05 Oktober 2022, 21:18 WIB
Ketua Relawan TIK Solo Raya Bambang Eka Purnama mengatakan, jejak digital adalah data yang tertinggal setiap kali beraktivitas lewat...
DOK Pribadi.

Sharp Rilis Varian Baru Air Purifier yang Mudah Dibawa

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 05 Oktober 2022, 21:00 WIB
Walaupun memiliki bentuk yang kompak tetapi air purifier itu tidak kalah dalam segi...
Dok. Indogen

Dorong Ekosistem Startup Indonesia, JETRO Gaet Indogen Gelar Japan-Indonesia Innovation Summit 2022

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 05 Oktober 2022, 19:58 WIB
Saat ini, Indonesia menduduki negara peringkat ke-6 dengan jumlah perusahaan rintisan (startup) terbanyak di dunia dengan jumlah 2.426 yang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya