Sabtu 13 Agustus 2022, 22:37 WIB

Bijak Bermedia Sosial Untuk Tangkal Konten Negatif

Mediaindonesia.com | Teknologi
Bijak Bermedia Sosial Untuk Tangkal Konten Negatif

Dok. Kemenkominfo
Webinar bijak bermedia sosial yang digelar Kemenkominfo

 

BANYAKNYA pengguna media sosial di Indonesia membuktikan bahwa begitu pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di zaman 4.0 ini. Apabila tidak digunakan secara bijak, maka dapat menimbulkan sebuah permasalahan yaitu penyalahgunaan media sosial berupa menyebarkan informasi yang dapat menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan kelompok tertentu (SARA), berita bohong atau hoaks, sehingga perilaku tersebut akan dikenakan sanksi berupa kurungan penjara dan denda.

“Oleh karena itu, peningkatan penggunaan teknologi ini perlu diimbangi dengan kapasitas literasi digital yang mumpuni agar masyarakat dapat memanfaatkan teknologi digital yang produktif, bijak, dan tepat guna,” ujar Samuel Abrijani Penyerapan, Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika dalam webinar Ngobrol Bareng Legislator" bertema “Bijak Bermedia Sosial".

Maka dari itu, sebagai penguna media sosial yang bijak, kita harus bisa menggunakan dan memanfaatkan media sosial untuk tujuan yang sekiranya berdampak positif bagi diri sendiri dan orang lain.

“Informasi yang ada diubah oleh pers sebagai produk media yang akurat dan terpercaya sehingga dapat disebarluaskan kepada masyarakat dengan baik. Pers sebagai penerbit media massa bertanggung jawab dalam menghasilkan jurnal yang baik dan terpercaya bagi masyarakat. Semua orang bisa menjurnal, mencatat apa yang mereka lihat dan mereka dengar. Namun, tidak semua orang bisa menjadi jurnalis yang dapat menghasilkan produk media yang tepat, cepat, dan akurat.” jelas Juniardi, Wakil Ketua Bidang Pembelaan Wartawan PWI Provinsi Lampung Banjarnegara. 

Baca juga : Simak, Hal Ini Penting Diperhatikan Saat Berjualan di Platform Digital

Konten atau informasi yang akan dibagikan dapat mempengaruhi perilaku individu maupun kelompok, alangkah baiknya jangan membagikan konten atau informasi yang sifatnya mengandung pornografi, SARA, hoaks, karena dari tindakan tersebut akan memberikan dampak negatif bagi diri sendiri maupun orang lain.

“Media sosial saat ini dapat menjadi wadah menyampaikan pendapat secara langsung kapanpun dan dimanapun. Maka, memang sangat penting untuk dimanfaatkan. Dengan memperhatikan kebijakan dan tata krama dalam menggunakannya.” tegas Lodewijk F. Paulus, Anggota Komisi I DPR. 

Webinar itu diharapkan dapat menjadi katalis baik bagi pemerintah maupun masyarakat untuk bersama-sama terus memberikan perhatian pada pengembangan sikap bijak seluruh lini masyarakat dalam berinteraksi di ruang media. (RO/OL-7

Baca Juga

Dok. Dex Capital

HUT Perdana, Dex Capital Gencarkan Edukasi Tentang Kripto

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 25 September 2022, 21:25 WIB
Tema yang dipilih pada ultah pertama Dex Capital adalah komitmen dan integritas. Ini terkait dengan misi komunitas Dex Capital yakni...
Freepik.com

Maksimalkan Bisnis di Ranah Digital Lewat Google My Bussiness, Begini Caranya

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 25 September 2022, 14:03 WIB
Google my business adalah alat atau fitur yang digunakan untuk bisnis atau pemasaran berupa barang maupun jasa yang dikelola di internet...
AFP/NOAH BERGER

Dianggap Langgar Hak Paten, Meta Diwajibkan Bayar Ganti Rugi Rp263,7 Triliun

👤Basuki Eka Purnama 🕔Minggu 25 September 2022, 06:30 WIB
Juri di sebuah pengadilan federal Texas memutuskan bahwa fitur live, yang ada di Facebook dan Instagram, menggunakan teknologi yang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya