Kamis 03 Februari 2022, 21:18 WIB

Ketahui Pengertian Hingga Manfaat Algoritma

Nur Aivanni | Teknologi
Ketahui Pengertian Hingga Manfaat Algoritma

AFP
Ilustrasi seorang siswa dengan mengenakan masker menulis di papan berwarna putih.

 

ALGORITMA merupakan metode atau langkah yang direncanakan secara tersusun dan berurutan untuk menyelesaikan atau memecahkan permasalahan dengan sebuah intruksi atau kegiatan.

Menurut pakar matematika dari Uzbekistan, Abu Ja’far Muhammad Ibnu Musa Al-Khawarizmi, algoritma adalah suatu cara khusus yang bisa digunakan agar bisa menyelesaikan permasalahan tertentu.

Adapun menurut pakar Artificial Intelligence (AI) Marvin Minsky, algoritma sebagai seperangkat aturan tertentu yang mampu memberitahukan dari waktu ke waktu. Tepatnya bagaimana untuk berbuat dan bertindak. Fungsi utama dari suatu algoritma pada dasarnya ialah memecahkan suatu masalah.

Baca juga: Teleskop Ruang Angkasa Baru NASA Tiba di Orbit Matahari

Namun, ada sejumlah fungsi dan manfaat lain dari algoritma. Seperti, membantu menyederhanakan suatu program yang rumit dan juga besar. Lalu, mempermudah pembuatan program yang dapat menyelesaikan masalah tertentu. Serta, membantu menyelesaikan suatu masalah dengan logika dan juga sistematis.

Manfaat lainnya, yakni mempermudah berbagai proses dokumentasi, mampu membantu menemukan kesalahan karena alur kerjanya yang jelas. Berikut, meminimalkan penulisan program secara berulang-ulang.

Pakar matematika dan komputer, Christoph Koutschan, mengatakan setidaknya ada 32 algoritma di dalam ilmu komputer. Namun, jika dilihat berdasarkan fungsinya, hanya ada enam algoritma dasar, yakni:

Baca juga: Kunjungi Humbang Hasundutan, Jokowi Bertemu Siswa Jago Matematika 

1. Rekursi

Algoritma rekursi adalah sesuatu yang akan memanggil dirinya sendiri secara berulang-ulang agar masalahnya bisa diselesaikan dengan baik.

2. Divide and Conquer

Divide and conquer akan membagi suatu permasalahan yang besar menjadi berbagai permasalahan lain yang lebih kecil.

3. Dynamic Programming

Dynamic Programming akan bekerja dengan mengingat hasil dari suatu progres yang lalu dan menggunakannya agar bisa menemukan hasil yang baru.

Baca juga: Tiongkok Ciptakan Bulan Buatan

4. Greedy

Jenis ini bisa digunakan untuk menyelesaikan masalah optimasi.

5. Brute Force

Dalam prosesnya, brute force akan melakukan integrasi pada seluruh solusi yang mungkin untuk mencari satu ataupun lebih dari satu solusi yang mampu menjawab suatu permasalahan.

6. Algoritma Backtracking

Backtracking adalah suatu teknik yang mampu memecahkan berbagai masalah secara rekursif dan mencobanya agar bisa memperoleh solusi dengan cara menyelesaikan suatu masalah di waktu yang bersamaan. Jika salah satu solusi ternyata gagal, maka kita bisa menghapusnya dan mundur agar bisa menemukan solusi lain.(OL-11)

Baca Juga

AFP

YouTube Rilis Fitur Super Chat dan Super Stickers di Indonesia

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 09:48 WIB
Penonton juga dapat menggunakan Super Chat dan Super Stickers untuk mendukung kreator favoritnya, tidak hanya pada saat live streaming dan...
Ist

Pasar Kripto Masih Bearish, CoinEx Tawarkan Program 'Ambassador'

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 23:34 WIB
CoinEx Ambassadors ini akan mendapatkan hingga 60% komisi dari biaya perdagangan yang dibayarkan oleh pengguna yang dirujuk yang...
MI/ HO

Mode Menonton Baru, Bisa Tambah Penghasilan

👤Abdillah M Marzuqi 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 22:03 WIB
DeFi adalah sebuah sistem keuangan terbuka dan global yang dibangun untuk era...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya