Sabtu 25 November 2017, 04:01 WIB

Aplikasi untuk Penyakit GERD

Wnd/X-7 | Teknologi
Aplikasi untuk Penyakit GERD

DOK. PLAYSTORE
Aplikasi untuk Penyakit GERD

 

MUAL dan rasa panas di bagian lambung hingga kerongkongan sebaiknya jangan dibiarkan.

Umumnya, masyarakat menyebut gejala tersebut sebagai penyakit mag dan mulai mengonsumsi obat-obatan jenis antasida yang dijual di pasaran.

Padahal, ada jenis gangguan pencernaan lain yang tidak boleh dibiarkan begitu saja, yaitu GERD (gastroesophageal reflux disease).

Karena itu, Perkumpulan Gastroenterologi Indonesia (PGI) bekerja sama dengan Astra Zeneca Indonesia meluncurkan aplikasi mobile bernama GERDQ.

Tujuannya agar masyarakat yang awam sekalipun dengan GERD dapat lebih peduli pada diri dan mencoba mengenali sejak dini.

"Jangan jadi dokter untuk diri sendiri, coba aplikasi ini untuk mendapati penanganan yang tepat," ujar Ari Fahrial Syam, spesialis ilmu penyakit dalam, gastroenterologist dan Wakil Ketua PGI, Kamis(15/11).

Aplikasi tersebut sudah tersedia baik untuk pengguna IOS maupun Android. Pengguna hanya mengisi enam pertanyaan, yang memiliki nilai tersendiri.

Jika nilainya lebih dari delapan, positif terkena GERD dan disarankan untuk menemui dokter spesialis gastro.

Selain untuk mendeteksi lebih dini, aplikasi GERDQ dapat digunakan untuk memonitor apakah seseorang masih mengidap GERD atau sudah berkurang gejalanya.

Aplikasi ini hanya berpatokan pada kondisi tubuh selama tujuh hari terakhir sehingga pengguna harus peka terhadap tubuh dan membuka aplikasi saat terasa ada yang tidak nyaman dengan pencernaan.

Baca Juga

Ist

Program SMK Pusat Keunggulan Cyberwarriors 2022 Resmi Dibuka

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 09 Agustus 2022, 21:55 WIB
InfraDigital Foundation (IDF) dan Mastercard berkolaborasi untuk menyelenggarakan pelatihan dan sertifikasi cybersecurity bagi generasi...
Dok. MyRepublic

Dukung Gamer, MyRepublic Luncurkan Paket MyGamer 250 Mbps

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 09 Agustus 2022, 21:45 WIB
Dengan kecepatan internet hingga 250 Mbps, pelanggan sudah mendapatkan kecepatan unggah dan unduh (upload : download) yang simetris...
Dok. Panasonic Gobel Indonesia

Panasonic Luncurkan AC 2 In 1 yang Dilengkapi Pemurni Udara dan Teknologi nanoe X

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 09 Agustus 2022, 19:49 WIB
Teknologi nanoe X dapat memberikan perlindungan maksimal karena keunggulannya yang mampu melumpuhkan bakteri, virus, jamur, allergen,...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya