Jumat 18 November 2022, 10:15 WIB

Van Dijk Tegaskan Para Pemain tidak Buta dengan Nasib Para Pekerja Migran di Qatar

Basuki Eka Purnama | Sepak Bola
Van Dijk Tegaskan Para Pemain tidak Buta dengan Nasib Para Pekerja Migran di Qatar

AFP/Alberto PIZZOLI
Bek Virgil van Dijk bertemu dengan sejumlah pekerja migran usai latihan timnas Belanda di Qatar.

 

KAPTEN timnas Belanda Virgil van Dijk mengatakan pemain 'tidak buta atau tuli' terhadap kekhawatiran mengenai perlakuan kepada pekerja migran yang menjadi sorotan menjelang Piala Dunia 2022 di Qatar.

Van Dijk dan anggota skuat Belanda lainnya bertemu dengan sekitar 20 pekerja pada akhir sesi latihan, Kamis (17/11), di Doha untuk memberikan tanda tangan dan bermain sepak bola dengan mereka.

"Itu adalah hal yang kita semua inginkan sebagai sebuah kelompok. Itulah mengapa kami memulai proses ini dan senang bertemu dengan mereka serta agak mengenal mereka," kata bek Liverpool itu seperti dikutip AFP.

Baca juga: Timnas Inggris dan Belanda Tiba di Qatar

"Anda tidak punya waktu banyak tetapi Anda melewatkan percakapan kecil dan itu memberikan energi kepada kami karena mereka sangat positif untuk bertemu dengan kami. Persis sama dengan kami," lanjutnya.

Piala Dunia di Qatar didominasi oleh kekhawatiran atas perlakuan negara Teluk itu terhadap kaum migran, perempuan, dan komunitas LGBTQ.

Kelompok HAM dan media menyebut ribuan pekerja mungkin tewas di lokasi-lokasi pembangunan infrastruktur. Pemerintah Qatar menyebut klaim itu 'berlebihan dan ofensif' serta mengatakan sedang mempertimbangkan langkah 'hukum' demi mempertahankan martabat negara itu.

"Jelas kami tidak buta, kami tidak tuli," tegas Van Dijk.

"Kami melihat semua outlet berita mengatakan begitu banyak hal terjadi di sini, jadi bagi kami ada baiknya untuk mengutarakan pendapat sendiri."

"Kita harus tergantung kepada diri kita sendiri dan bertemu orang-orang. Memang tidak mudah karena pada akhirnya ini semua tentang bermain sepak bola. Bagi kami itu hal besar dan poin besar untuk bertemu dengan mereka," imbuhnya.

Federasi sepak bola Belanda berencana melelang kaus yang akan dikenakan tim dalam Piala Dunia ini yang hasilnya hasilnya akan disalurkan 'untuk memperbaiki situasi pekerja migran di Qatar'. (Ant/OL-1)

Baca Juga

AFP/Giuseppe CACACE

Brasil Tanpa Neymar Saat Ditantang Swiss

👤Widhoroso 🕔Senin 28 November 2022, 22:20 WIB
BRASIL tidak akan diperkuat Neymar saat menghadapi Swiss dalam lanjutan penyisihan Grup G Piala Dunia 2022 Qatar, Senin (28/11) malam...
ANDREJ ISAKOVIC / AFP

Berbagi Poin, Kamerun dan Serbia Jaga Asa ke Babak Selanjutnya

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Senin 28 November 2022, 20:53 WIB
Hasil imbang pertandingan Kamerun melawan Serbia 3-3 pada laga lanjutan fase Grup G Piala Dunia 2022, membuat kedua tim masih memiliki...
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Menpora: Polri Belum Putuskan Kelanjutan Liga 1

👤Akmal Fauzi 🕔Senin 28 November 2022, 20:15 WIB
Menurut Menpora Zainudin mengatakan PT LIB dan Polri akan membahas upaya transformasi sepak bola nasional sebelum diputuskan kelanjutan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya