Senin 17 Oktober 2022, 20:54 WIB

Komnas HAM Panggil PSTI Bahas Tragedi Kanjuruhan

Mesakh Ananta Dachi | Sepak Bola
Komnas HAM Panggil PSTI Bahas Tragedi Kanjuruhan

Antara/Indrianto Eko Suwarso.
Ketua Umum PSTI Ignatius Indro (tengah) didampingi Penasihat PSTI Fanny Riawan (kanan) dan Ketua Bidang Hukum PTSI Hazmin Sutan Muda.

 

KOMISI Nasional (Komnas) Hak Asasi Manusia (HAM) melakukan pemanggilan dan diskusi langsung bersama Paguyuban Suporter Timnas Indonesia (PSTI) di Kantor Komnas HAM, Senin (17/10). Pemanggilan tersebut dilakukan oleh Komnas HAM untuk memintai keterangan mengenai suporter sepak bola.

"Tadi kita mintai keterangan terkait hubungan antara PSSI dan suporter, penyelanggara, dan PSSI, hubungan PSSI dengan FIFA. Dalam kerangka itu, yang paling penting adalah bagaimana dan siapa yang punya kewenangan dan siapa yang bisa mengambil keputusan, dalam menentukan, di konteks Kanjuruhan ini, siapa yang paling bertanggung jawab," ujar Komisioner HAM Chairul Anam.

Lebih lanjut Chairul Anam menjelaskan bahwa diskusi yang dilangsungkan dengan PSTI juga berfokus pada mencari tahu siapa yang bertanggung jawab atas tragedi Kanjuruhan. "Banyak keterangan yang memberikan perspektif bagi kami, khusunya siapa yang memiliki kewenangan di level apa, siapa yang punya kewenangan untuk menentukan, dan siapa yang bisa mengambil keputusan," lanjut Chairul.

Dalam kesempatan tersebut, hadir juga Ketua Umum PSTI Ignatius Indro yang mengungkapkan selama ini suporter hanya dijadikan objek dan tidak dilibatkan dalam pengambilan keputusan. "Suporter hanya dilihat sebagai objek untuk keuntungan, baik penjualan merchandise, tiket, tetapi tidak ada perhatian terhadap kami untuk penanganan suporter," tegas Indro. (OL-14)

Baca Juga

Dok. Ortuseight

Sepatu Ortuseight El Tiburon V2 Usung Gaya Paduan Klasik dan Teknologi Modern

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 08 Februari 2023, 18:38 WIB
Penampilan klasik mengingatkan kembali pada masa ketika sepak bola terasa murni dan permainan dimenangkan oleh pemain terbaik yang memiliki...
AFP

Manchester City Terancam Main Di Liga Tarkam

👤Widhoroso 🕔Rabu 08 Februari 2023, 17:36 WIB
HUKUMAN berat membayangi Manchester City menyusul dakwaan pelanggaran aturan finansial yang dilakukan klub Liga Primer Inggris...
DOK MI

Bekap RANS Nusantara, Arema FC Kembali Ke Jalur Kemenangan

👤Widhoroso 🕔Rabu 08 Februari 2023, 17:25 WIB
AREMA FC berhasil menghentikan kemarau poin di lima laga sebelumnya setelah mencatat kemenangan 2-1 atas RANS Nusantara dalam pekan ke-23...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya