Rabu 08 Desember 2021, 14:13 WIB

Skuad Garuda Incar Kemenangan Pertama di Piala AFF

Akmal Fauzi | Sepak Bola
Skuad Garuda Incar Kemenangan Pertama di Piala AFF

Foto/Dok.PSSI
Timnas Indonesia berlatih bersama di Singapura, Selasa (7/12), sebagai persiapan menghadapi laga perdana Piala AFF 2020.

 

TIM nasional Indonesia akan mendapat ujian pertama melawan Kamboja di Piala AFF 2020, di Stadion Bishan, Singapura, Kamis (9/12).

Kemenangan akan menghidupkan peluang untuk bisa bersaing di Grup B lantaran dua tim lainnya, yakni Malaysia dan Vietnam, sama-sama mengemas kemenangan pada laga pertama lalu.

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, menyebut pasukannya kini dalam kondisi fit jelang duel meladeni Kamboja. Witan Sulaeman dan kawan-kawan sudah siap untuk meraih hasil terbaik dalam gelaran Piala AFF

"Kami mempersiapkan dengan baik, kita bisa menang jika melakukan permainan yang diinginkan. Apa yang saya minta adalah permainan yang selama ini dilakukan saat latihan," kata Shin dalam Konferensi pers virtual, Rabu (8/12).

Pelatih asal Korea Selatan itu mengatakan telah melihat pertandingan pertama Kamboja yang berakhir dengan kekalahan 1-3 atas Malaysia. Ia mengatakan pemainnya akan melakukan pressing sejak awal pertandingan.

"Kami akan lebih banyak pressing, mengusai bola lebih banyak. Banyak yang berpikir Kamboja baik dalam pertandingan kemarin. Kami akan mempersiapkan lebih baik," kata Shin.

Shin tidak terlalu memikirkan anggapan Indonesia tidak diunggulkan di Grup B dibandingkan dua rival lainnya, Vietnam dan Malaysia. Menurutnya, Skuad Garuda telah banyak berubah dari sisi permaianan dan mental bermain.

"Bola itu bundar. kalau ada prediksi (Vietnam dan Malaysia akan lolos Grup B) itu silahkan. Sepak bola Indonesia sangat banyak berubah. Mental semakin baik," jelasnya.

"Saya tidak grogi di Piala AFF ini. Kami percaya bisa bermain baik. Melalui turnamen ini kita bisa meraih prestasi baik," lanjutnya.

Winger muda Timnas Indonesia, Ramai Rumakiek, menegaskan bahwa skuad Garuda memasang target kemenangan untuk partai pertama.

Menurut pemain Persipura Jayapura ini, Indonesia mempunyai keunggulan skill individu yang bisa menjadi bekal untuk merain poin maksimal.

"Pasti target kita Timnas Indonesia pasti menang ya, pasti kita punya (skill) individu yang tinggi, dan kita semua kompak, yakin, dan percaya bahwa kita lawan pertama kita harus menang," ucap Ramai Rumakiek dilansir laman resmi PSSI.

Di lain sisi, laga ini menjadi ujian berat bagi Kamboja. Setelah tumbang pada partai pertama melawan Malaysia, Angkor Warriors pun diwajibkan meraih kemenangan jika ingin berbicara banyak lagi di ajang Piala AFF 2021.

Pelatih Kamboja, Ryu Hirose, meyakinkan bahwa pemainnya tidak akan menyerah begitu saja dan pertandingan selanjutnya melawan Indonesia menjadi incaran untuk membuka poin.

"Itu adalah kekalahan yang mengecewakan tetapi kami bermain bagus dan bisa menjaga bola dengan baik saat melawan tim yang kuat seperti Malaysia," ujar Hirose, dikutip laman resmi AFF. (Mal/OL-09)

Baca Juga

AFP/Heuler Andrey

Arsenal Dilaporkan Ingin Datangkan Diego Costa

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 18 Januari 2022, 12:15 WIB
Arsenal dikabarkan tertarik memberikan kontrak jangka pendek kepada Diego Costa yang memiliki durasi hingga akhir musim dengan opsi...
AFP/Paul ELLIS

Klopp Minta Pemain Liverpool Optimistis Bisa Kejar Manchester City

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 18 Januari 2022, 12:00 WIB
Kemenangan atas Brentford mendongkrak posisi Liverpool ke peringkat dua klasemen, tertinggal 11 poin dari Manchester City namun masih...
Twitter @Wolves

Wolves Datangkan Chiquinho Seharga Rp56,7 Miliar

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Selasa 18 Januari 2022, 11:00 WIB
Kontrak hingga 2026 telah disepakati dengan opsi untuk satu tahun lagi, dengan tambahan kesepakatan bisa mencapai 4,2 juta pound sterling...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya