Senin 15 November 2021, 11:48 WIB

Mancini Minta Azzurri Kalahkan Rasa Cemas Kontra Irlandia Utara

Basuki Eka Purnama | Sepak Bola
Mancini Minta Azzurri Kalahkan Rasa Cemas Kontra Irlandia Utara

AFP/Alberto PIZZOLI
Pelatih timnas Italia Roberto Mancini

 

ROBERTO Mancini meminta anak-anak asuhnya di skuat timnas Italia untuk mengalahkan rasa cemas saat menghadapi Irlandia Utara dalam laga pemungkas Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa di Windsor Park, Belfast, Selasa (16/11) WIB.

Pasalnya, rasa cemas yang disebut Mancini itu membuat Italia gagal mengalahkan Swiss dan harus menangguk hasil imbang 1-1 dalam pertandingan sebelumnya di Olimpico.

Laga kontra Irlandia Utara bakal menjadi penentuan nasib apakah Italia bakal memperoleh tiket ke Qatar tahun depan atau harus menempuh jalur playoff, sementara di waktu bersamaan Swiss akan menjamu Bulgaria.

Baca juga: Fernando Santos Optimistis Portugal akan Lolos ke Qatar

Italia, saat ini, memimpin klasemen Grup C berbekal keunggulan selisih gol atas Swiss meski kedua tim sama-sama mengoleksi 15 poin. 

Hanya juara grup yang memperoleh tiket otomatis ke putaran final Piala Dunia 2022, sedangkan runner-up bakal melakoni babak playoff.

"Kami terlalu diliputi kecemasan saat melawan Swiss," kata Mancini, Senin (15/11) dini hari WIB.

"Di Irlandia Utara nanti tekanan jelas akan lebih besar, tetapi penting bagi kami untuk mengalahkan rasa cemas," sambung dia.

Menghadapi Irlandia Utara, Mancini berharap para pemainnya bisa menerapkan strategi umpan-umpan cepat sebagaimana yang sudah dilakukan dalam tiga tahun terakhir sejak ia mengambil alih kursi pelatih kepala Gli Azzurri.

"Tentu tidak akan mudah sebab Irlandia Utara jarang membiarkan lawan leluasa di area pertahanan mereka," katanya.

"Perjalanan ini memiliki banyak momen-momen sulit, yang mana kami tidak terbiasa menghadapinya. Tapi para pemain tidak boleh melupakan hal-hal yang sudah kami capai sejauh ini," tutup Mancini.

Di bawah Mancini, Italia menorehkan rekor nirkalah terpanjang sepanjang sejarah mereka dan mengangkat trofi Piala Eropa 2020 di Wembley, Juli lalu.

Kegagalan mendapat tiket putaran final jelas akan menjadi antiklimaks dalam perjalanan epik Italia.

Mancini menambahkan bahwa gelandang AC Milan Sandro Tonali bisa memainkan peranan penting sembari mengungkapkan bahwa Nicolo Barella berburu dengan waktu memulihkan kondisinya agar bisa ikut turun dalam laga kontra Irlandia Utara. (Ant/OL-1) 

Baca Juga

AFP/Kenzo Tribouillard

Napoli Terdepan untuk Datangkan Tagliafico

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 20 Januari 2022, 12:29 WIB
Napoli dikabarkan sudah mengajukan penawaran resmi kepada Ajax untuk Tagliafico agar bisa segera menambal posisi bek tengah...
AFP/Issouf SANOGO

Jelang Laga Pamungkas Penyisihan Grup Piala Afrika, 12 Pemain Tunisia Positif Covid-19

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 20 Januari 2022, 12:06 WIB
Pemain andalan Tunisia Wahbi Khazi termasuk di antara pemain yang positif...
Twitter @GenoaCFC

Genoa Kontrak Blessin untuk Gantikan Shevchenko

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 20 Januari 2022, 11:55 WIB
Keputusan Genoa ini cukup janggal karena Oostende adalah klub pertama yang ditukangi Blessin usai dia memimpin akademi RB...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya