Senin 11 Oktober 2021, 10:03 WIB

Panama Sukses Kejutkan AS di Kualifikasi Piala Dunia

Basuki Eka Purnama | Sepak Bola
Panama Sukses Kejutkan AS di Kualifikasi Piala Dunia

AFP/ROGELIO FIGUEROA
Para pemain Panama melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang AS di laga kualifikasi Piala Dunia.

 

AMERIKA Serikat (AS) kalah di laga kualifikasi Piala Dunia dari Panama untuk pertama kalinya, Senin (11/10), setelah keputusan pelatih Gregg Berhalter untuk melakukan sejumlah perubahan harus dibayar mahal.

Gol sundulan Anibal Godoy pada menit 54 sudah cukup untuk memastikan Panama meraih tiga poin di Stadion Rommel Fernandez Gutierez, Panama City.

Itu merupakan kemenangan yang layak bagi Panama, yang membuat lebih banyak peluang mencetak gol ketimbang AS.

Baca juga: Argentina Menang Telak Atas Uruguay

AS, sebelumnya, memuncaki klasemen kualifikasi Piala Dunia Zona CONCACAF setelah menang 4-1 atas Honduras, bulan lalu, dan 2-0 atas Jamaika, Kamis (7/10) lalu.

Namun, momentum dari dua kemenangan itu buyar setelah Berhalter memutuskan menurunkan line-up, yang sama sekali baru, dalam laga melawan Panama.

Hanya empat pemain yang dipertahankan dari skuat yang menang atas jamaika dengan penyerang Brenden Aaronson dan Ricardo Pepi dibangkucadangkan.

Absennya kedua pemain itu membuat AS kesulitan melancarkan serangan ke gawang Panama, yang sehaursnya bisa unggul cepat ketika Rolando Blackburn gagal menyambar umpan silang Freddy Gondola.

Gondola kemudian membuang peluang emas pada menit ke-34 setelah dia menembus pertahanan AS memanfaatkan umpan Alberto Quintero namun bola berhasil diselamatkan kiper AS Matt Turner.

Berhalter kemudian melakukan di awal babak kedua dengan memasukkan Tyler Adams dan Aaronson menggantikan Yunus Musah dan Paul Arriola.

Namun, pergantian pemain itu tidak bisa mencegah Panama membukukan keunggulan pada menit ke-54 ketika umpan sepak pojok Eric Davis disambar Godoy.

Berkat kemenangan itu, Panama kini naik ke peringkat tiga klasemen dengan raihan delapan poin, sama dengan AS yang berada di peringkat kedua.

Sementara itu, Meksiko kembali ke puncak klasemen kualifikasi Piala Dunia Zona CONCACAF usai menang telak 3-0 atas Honduras melalui gol Francisco Cordova, Rogelio Funes Mori, dan Chucky Lozano. (AFP/OL-1)
 

Baca Juga

 FRANCK FIFE / AFP

Robert Lewandowski Bangga Jadi Best Striker Of The Year

👤Akmal Fauzi 🕔Selasa 30 November 2021, 09:51 WIB
Robert Lewandowski terpilih sebagai Best Striker Of The Year atau Striker...
AFP/Fabrice COFFRINI

UEFA Minta Klub Edukasi Pemian dan Staf Soal Gegar Otak

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 30 November 2021, 09:49 WIB
Piagam yang disusun Komisi Kesehatan UEFA itu diunjukkan untuk mendidik pemain, pelatih, wasit, dokter, dan masyarakat mengenai bahaya...
AFP/FRANCK FIFE

Donnarumma Raih Gelar Penjaga Gawang Terbaik di Ballon d'Or

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 30 November 2021, 09:39 WIB
Gianluigi Donnarumma meraih gelar penjaga gawang terbaik di ajang Ballon d'Or berkat penampilan gemilangnya membawa Azzurri menjadi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya