Selasa 08 Juni 2021, 22:05 WIB

Hasil Simulasi Komputer, Ceko Bakal Juara Euro 2020

Widhoroso | Sepak Bola
Hasil Simulasi Komputer, Ceko Bakal Juara Euro 2020

AFP
Euro 2020

 

BUKAN tim-tim dengan nama besar seperti Jerman, Portugal, Prancis, Belgia, Belanda, Inggris, ataupun Spanyol yang akan berjaya di Euro 2020. Justru tim kecil, Republik Ceko yang akan menjadi juara.

Hal itu merupakan hasil dari simulasi super komputer tentang prediksi pertandingan turnamen sepak bola antarnegara Eropa yang akan dimulai akhir pekan ini. Ceko akan menjadi juara setelah menundukkan Denmark di laga puncak.

Werner Becher, CEO Regional Sportradar untuk Eropa, Timur Tengah, Afrika, dan Amerika Latin, mengatakan pihaknya telah memanfaatkan luasnya kemampuan teknis untuk mensimulasikan turnamen. Menurut Becher, komputer memproses jutaan poin data dari 20 tahun terakhir untuk mengidentifikasi tim pemenang.

"Sepak bola tidak dapat diprediksi dan itu salah satu hal yang paling kami sukai dari permainan ini, tetapi hanya sedikit penggemar yang akan menempatkan Republik Ceko dan Denmark di final," jelasnya. 

Menurut simulasi yang dimainkan Realitas Simulasi, superkomputer yang disiapkan para ahli sepak bola di Sportradar, Ceko diprediksi akan menggulingkan Denmark, yang mengalahkan Inggris di semi final, di laga final dengan skor 3-2 dan merebut juara Eropa untuk pertama kalinya.

Disebutkan, Realitas Simulasi memanfaatkan database bersejarah Sportradar untuk menciptakan sejumlah besar situasi permainan, hasil, dan permainan permainan yang berbeda.

"Pertandingan sepak bola Realitas Simulasi mencerminkan bentuk tim dan kondisi pertandingan normal, menggunakan lebih dari satu dekade data historis dan statistik untuk menghasilkan jumlah poin data yang tak terukur. Realitas Simulasi memberi kita kesempatan untuk memodelkan bagaimana permainan nyata akan terjadi seperti yang akan terjadi di stadion nyata," jelasnya. (themirror/OL-15)

Baca Juga

AFP

Jerman Redam Perlawanan Hongaria 2-2 Demi Lolos ke 16 Besar

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 24 Juni 2021, 04:36 WIB
Tim nasional Jerman lolos ke babak 16 besar Euro 2020 seusai meredam perlawanan Hongaria dan mengimbangi lawannya dengan skor 2-2 dalam...
AFP

Ronaldo Cetak Gol Internasional ke-109 untuk Rekor yang Sama

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 24 Juni 2021, 04:13 WIB
Cristiano Ronaldo cetak golnya yang ke-109 untuk Portugal dalam pertandingan Euro 2020 Kamis (24/6) dini hari WIB saat lawan Prancis, sama...
AFP

Ringkasan Grup E: Spanyol Hanya jadi Runner-up di Bawah Swedia

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 24 Juni 2021, 02:36 WIB
Tim nasional Spanyol yang memasuki babak utama Euro 2020 sebagai salah satu unggulan turnamen, hanya berakhir menjadi runner-up klasemen...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Diplomasi Jalur Rempah di Kancah Dunia

Perjalanan sejarah Indonesia terasa hambar tanpa aroma rempah. Warisan sosial, ekonomi, serta budaya dan ilmu pengetahuan itu kini dikemas dan disodorkan kepada dunia untuk diabadikan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya