Selasa 08 Juni 2021, 09:10 WIB

Shin Tae-yong : Wasit Mengubah Ritme Permainan Timnas

 Akmal Fauzi | Sepak Bola
Shin Tae-yong : Wasit Mengubah Ritme Permainan Timnas

Foto/AFC.com
Pemain timnas Vietnam terus menggempur barisan pertahanan timnas Indonesia dan menang telajk 4-0 atas Indonesia.

 

PELATIH Tim Nasional Indonesia, Shin Tae-yong mengeluhkan kinerja wasit usai anak asuhnya kalah telak 0-4 dari Vietnam pada Kualifikasi Piala Dunia 2022, Selasa (8/6) dini hari WIB. Kinerja Wasit itu dinilai merubah ritme permainan Indonesia.

Shin Tae Yong menyoroti gol pertama Vietnam yang dicetak Nguyen Tien Linh pada menit ke-51. Bola sepakan Tien Linh yang membentur Arif Satria sempat mengenai tangan penyerang Vietnam bernomor punggung 22 itu.

Namun, wasit asal Kuwait, Ahmad Alali tetap mengesahkan gol tersebut. Pemain Indonesia sempat melakukan protes, tapi wasit bergeming dengan keputusannya.

"Gol pertama itu karena wasit dan hakim garis salah 100 persen. Itu pasti kena tangan pemain Vietnam. Jadi karena itu kami kehilangan momentum, keseluruhan pertandingan jadi susah buat kami," ujar Shin Tae Yong usai pertandingan.

Setelah gol Tien Linh, Vietnam semakin nyaman dalam bermain. Hasilnya tiga gol tambahan bisa diciptakan Vietnam melalui Nguyen Quang Hai (62'), Nguyen Cong Phuong 67'), dan gol penutup dari Vu Van Thanh (74').

Shin Tae-yong mengaku terkejut anak asuhnya mendapatkan hasil buruk di laga itu. Menurutnya, keberhasilan menahan Thailand membuat pemain Indonesia masuk ke dalam lapangan dengan kepercayaan diri bagus. Skor imbang tanpa gol di babak pertama membuat mereka makin optimistis bisa melanjutkan tren positif.

"Sebelum pertandingan, saya memperkirakan kedua tim mempunyai peluang yang sama. Saya masih menyimpan keyakinan itu di awal babak kedua. Tapi selanjutnya irama permainan berubah drastis. Ketika menangani Korea Selatan di Piala Dunia, saya tak pernah melihat perubahan drastis seperti itu," ujarnya.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan meminta Shin Tae-yong mengevaluasi kekalahan timnas. Ia mengatakan pemain telah berjuang namun Vietnam bermain lebih baik dan akhirnya keluar sebagai pemenang.

"Kekalahan ini harus dievaluasi oleh tim pelatih dan dijadikan pelajaran agar pada laga selanjutnya dapat meraih hasil positif. Pemain harus tetap fokus, disiplin dan bangkit di laga terakhir melawan Uni Emirat Arab nanti," kata Iriawan.

Kekalahan ini tidak mengubah posisi Timnas Indonesia di posisi juru kunci klasemen Grup G dengan mengoleksi satu poin. Sebaliknya Vietnam kini kokoh di puncak klasemen dengan 14 poin.

Timnas Indonesia akan melakoni laga terakhir Grup G melawan Uni Emirat Arab di Stadion Zabeel, Dubai, 11 Juni mendatang. (Mal/PSSI/OL-09)

Baca Juga

AFP/ ARL RECINE

Manchester City Tawar Jack Grealish 100 Juta Pound

👤Widhoroso 🕔Sabtu 31 Juli 2021, 23:05 WIB
KLUB Liga Primer Inggris, Manchester City telah melayangkan tawaran resmi kepada Aston Villa untuk mau melepas bintang mereka, Jack...
Lionel BONAVENTURE

Meksiko Tantang Brasil Di Semifinal Sepakbola Putra Olimpiade Tokyo

👤Widhoroso 🕔Sabtu 31 Juli 2021, 22:32 WIB
MEKSIKO menyusul Brasil, Jepang dan Spanyol ke semifinal usai menggilas Korea Selatan 6-3 dalam pertandingan perempat final Olimpiade Tokyo...
AFP/Philip Fong

Kalahkan Pantai Gading, Spanyol ke Semifinal Sepak Bola Putra

👤Akmal Fauzi 🕔Sabtu 31 Juli 2021, 20:49 WIB
TIMNAS U-23 Spanyol memastikan diri ke semifinal sepak bola putra Olimpiade Tokyo 2020 usai mengalahkan Pantai Gading 5-2 di babak perempat...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Pemerintah Afghanistan Hadapi Krisis Eksistensial

 Laporan SIGAR menggarisbawahi kekhawatiran pasukan Afghanistan tidak siap untuk melakukan pertahanan yang berarti

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya