Kamis 22 April 2021, 18:55 WIB

PT LIB Berharap Izin Liga 1 Keluar Mei

Dero Iqbal Mahendra | Sepak Bola
PT LIB Berharap Izin Liga 1 Keluar Mei

antara
Ilustrasi

 

MENJELANG berakhirnya turnamen pramusim Piala Menpora, PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) akan segera mengurus perizinan untuk kompetisi Liga 1 dan 2. Direktur Utama PT LIB Akhmad Hadian Lukita berharap agar izin liga 1 terbit awal Mei mendatang.

Ia menuturkan untuk proses perizinan tersebut tentu membutuhkan rekomendasi dari pihak Kementerian Pemuda dan Olahraga sebagai bagian dari lampiran pengajuan perizinan ke pihak Kepolisian.

Akhmad pun menuturkan Menpora meminta dilakukan kajian singkat dari PT LIB terkait pertandingan tanpa penonton, dengan penonton sebagian atau meningkat secara bertahap.

“Kita sedng buat mudah mudahan dalam waktu dekat kita sudah serahkan ke kemenpora dan setelah itu akan ada rekomendasi dan baru akan diserahkan ke kepolisian,” ujar Akhmad saat dihubungi Media Indonesia, Kamis (22/4).

“Nanti kepolisian tentu akan melihat kembali proposal terkait di mana lokasi dan jadwalnya seperti apa. Harapan kita sih sebetulnya awal Mei sudah ada izinnya,” imbuh Akhmad.

Salah satu pertimbangan dari Akhmad terkait izin yang terbit pada bulan Mei terkait dengan persiapan bagi pelaksanaan Liga 1 baik itu untuk operator maupun dari klub. Menurutnya dengan rencana Liga 1 dimulai pada 3 Juli 2021, idealnya perlu jeda waktu setidaknya dua bulan untuk persiapan kompetisi.

“Rencananya liga dimulai pada tanggal 3 Juli sehingga kita mengharapkan izin dapat keluar pada bulan Mei. Kita mengharapkan izin dapat keluar satu bulan lebih sebelum liga dimulai, sebab berkaca dari pelaksanaan Piala Menpora yang jaraknya hanya satu bulan itu waktunya sangat pendek untuk melakukan persiapan baik itu untuk operator maupun untuk klub. Sebab sudah barang tentu ada banyak persiapan yang harus dilakukan sebelum dimulainya liga,” ujar Akhmad.

Akhmad juga membenarkan untuk proses tahapan pengajuan izin ini memang diperlukan rapat koordinasi dengan Kemenpora dengan semua stakeholder guna mendapat rekomendasi dari Kemenpora.

Untuk rapat koordinasinya sendiri rencananya akan digelar dalam waktu dekat. Akhmad pun menuturkan kemungkinan proses pengajuan izin akan dikebut pasca Piala Menpora. (OL-13)

Baca Juga: Dongkrak Kekuatan Tim, Borneo FC Daratkan Paulo Sitanggang

Baca Juga

JAVIER SORIANO / AFP

Chelsea Tidak Mau Kehilangan N’Golo Kante

👤Dero Iqbal Mahendra 🕔Kamis 06 Mei 2021, 12:46 WIB
Gelandang tim nasional Prancis N’Golo Kante diperkirakan akan mendapatkan banyak tawaran di musim panas mendatang dari sejumlah...
CARL RECINE / POOL / AFP

Manchester City Pertimbangkan Perpanjang Kontrak Sang Kapten

👤 Dero Iqbal Mahendra 🕔Kamis 06 Mei 2021, 12:21 WIB
Gelandang veteran 36 tahun tersebut awalnya memang akan dilepas City seiring dengan kontraknya yang akan habis pada musim panas...
AFP/Glyn KIRK

Zidane : Waktunya Fokus ke La Liga

👤Akmal Fauzi 🕔Kamis 06 Mei 2021, 06:21 WIB
Kegagalan Real Madrid melaju ke final Liga Champions 2020/21 membuat Zinedine Zidane berkonsentrasi penuh pada trofi La...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Citarum Mulai Harum

  Sudah tiga tahun Sungai Citarum dikeroyok. Sampah mulai berkurang, air terlihat lebih bersih.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya