Rabu 31 Maret 2021, 05:11 WIB

Belgia Jebol Gawang Belarus Delapan Kali

Basuki Eka Purnama | Sepak Bola
Belgia Jebol Gawang Belarus Delapan Kali

AFP/François WALSCHAERTS
Para pemain Belgia melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Belarus di laga kualifikasi Piala Dunia.

 

TIM nasional Belgia membabat habis Belarus dalam lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa Grup E, Rabu (31/3) dini hari WIB.

Menjamu Belarus di Stadion Den Dreef, Leuven, Belgia menang telak 8-0 atas tamunya diwarnai raihan dwigol Hans Vanaken dan Leandro Trossard.

Michy Batshuayi membawa Belgia memimpin pada menit ke-14 dengan menyelesaikan umpan Jeremy Doku, sebelum Vanaken menggandakan keunggulan tersebut, tiga menit berselang.

Baca juga: Slovenia Tersungkur di Kandang Siprus

Keunggulan itu bertambah pada menit ke-38 kala Trossard mencetak gol pertamanya ke gawang Belarus dengan tembakan jarak jauh. Lantas, empat menit kemudian, Doku menyelesaikan situasi serangan balik yang diakhiri umpan terobosan Dennis Praet.

Empat menit memasuki babak kedua, Praet memperlebar keunggulan Belgia menjadi 5-0 saat ia melesakkan umpan sodoran Batshuayi ke pojok kiri bawah gawang.

Pada menit ke-70, Christian Benteke, yang baru enam menit merumput menggantikan Batshuayi, mencetak gol keenam Belgia meneruskan umpan silang Toby Alderweireld.

Lima menit kemudian, Trossard memanfaatkan umpan terobosan Doku untuk mencetak gol keduanya ke gawang Belarus sekaligus menambah keunggulan Belgia jadi 7-0.

Semenit sebelum bubaran waktu normal, Vanaken turut melengkapi raihan dwigolnya sekaligus memastikan Belgia memenangi laga dengan skor telak 8-0.

Dalam pertandingan lain yang berlangsung bersamaan, di Stadion Cardiff City, Wales meraih kemenangan pertama mereka di babak kualifikasi Piala Dunia dengan skor 1-0 atas Rep Ceko.

Kedua tim sama-sama harus menuntaskan pertandingan dengan 10 pemain, setelah penyerang Rep Ceko Patrik Schick diganjar kartu merah pada menit ke-48 dan gelandang Wales Connor Roberts menerima kartu kuning kedua pada menit ke-77.

Empat menit selepas situasi 10 lawan 10, Daniel James memecahkan kebuntuan untuk membawa Wales memimpin 1-0 atas Rep Ceko dan skor itu bertahan hingga bubaran.

Hasil-hasil tersebut, membuat Belgia naik ke puncak klasemen dengan raihan tujuh poin, menggusur Ceko (4) ke posisi kedua. Sedangkan Wales naik ke peringkat ketiga (3), menyalip Belarus (3).

Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa Grup E baru akan kembali melangsungkan pertandingan pada 2 September nanti, ketika Rep Ceko menjamu Belarus dan Belgia bertandang ke Estonia. (Ant/OL-1)

Baca Juga

EVARISTO SA / AFP

Bungkam Uruguay, Argentina Puncaki Klasemen Grup A 

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Sabtu 19 Juni 2021, 11:55 WIB
Berawal dari umpang lambung Lionel Messi dari sisi kiri ke kotak penalti, sundulan Rodroguez berhasil mengoyak gawang Uruguay, membuat...
JUSTIN TALLIS / POOL / AFP

Inggris Jaga Asa dan Peluang Skotladia Menipis

👤 Ilham Ananditya 🕔Sabtu 19 Juni 2021, 11:34 WIB
Di laga yang berlangsung di Standium Wembley, tuan ruman Inggris harus puas bertanding tanpa gol melawan timnas...
DOUGLAS MAGNO / AFP

Eduardo Vargas Akui Laga Melawan Bolivia Tidak Mudah

👤 Rifaldi Putra Irianto 🕔Sabtu 19 Juni 2021, 10:44 WIB
Penyerang timnas Cile Eduardo Vargas mengatakan, kemenangan skuadnya dalam pertandingan melawan timnas Bolivia di Copa Amerika 2021 adalah...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Pungli Tetap Marak Pak Satgas!

Pungli di berbagai layanan publik terus menjadi masalah yang dialami masyarakat, bahkan di tengah kesulitan ekonomi akibat pandemi.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya